Yuk, Ketahui Ikon Jajanan Tradisional Nusantara!

Beberapa waktu lalu, tiga puluh ikon kuliner Indonesia telah diperkenalkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pemilihan makanan ini pun bukan perkara yang mudah, karena harus mencakup beberapa kriteria yang dibutuhkan. Mulai dari kemudahan mendapatkan bahan, dikenal secara luas oleh masyarakat, hingga ada pelaku profesional yang membuatnya selain di rumah. Namun, dari ketiga puluh ikon tersebut, beberapa diantaranya merupakan ikon dari jajanan tradisional nusantara. Di sini akan disebutkan empat jajanan Indonesia yang menjadi ikon. Yuk, simak informasinya!

Serabi, Bandung

Serabi atau Surabi menjadi jajanan tradisional nusantara yang berasal dari Bandung. Jajanan yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan santan kelapa ini dicetak di atas cetakan yang dari tanah liat dan di bakar dengan menggunakan kayu bakar. Ada dua jenis serabi berbeda, yaitu serabu manis yang menggunakan kinca atau kuah santan dengan gula Jawa dan serabi asin yang ditaburi dengan oncom tumis. Selain di Bandung, Anda juga bisa menemukan serabi lain, yaitu serabi Solo. Bedanya, serabi asal kota Solo terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan dimasak di atas arang.

Kue Lumpur, Jakarta

Kue lumpur merupakan salah satu jajanan tradisional nusantara. Meski termasuk jajanan yang sudah tua, eksistensinya masih tetap terjaga hingga saat ini. Aroma kue ini pun sangat khas, yaitu perpaduan dari aroma pandan dan vanila yang mampu menggoda Anda untuk segera menyantapnya. Nama lumpur sendiri pun dipilih karena tekstur dari kue ini mirip dengan lumpu, yaitu lembut dan halus. Untuk membuat jajanan yang satu ini, Anda harus menambahkan kentang kukus yang telah dihaluskan untuk membuat camilan ini benar-benar halus dan lembut.

Nagasari, Yogyakarta

Anda sering berkunjung Daerah Istimewa Yogyakarta? Jika iya maka And tidak asing lagi dengan jajanan tradisional nusantara dari daerah ini, yaitu Nagasari. Nagasarii terbuat dari olahan tepung yang ada potongan pisang di bagian atasnya dan dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Bila Anda menyukai perpaduan rasa manis dan gurih, maka Anda akan menyukai camilan yang satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *