Yuk, Intip 4 Makanan Spesial Surabaya

Surabaya merupakan satu dari sekian banyak kota kuliner di Indonesia. Menjadi ibukota Jawa Timur, Surabaya kerap kali menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara, khususnya yang menyukai kuliner. Dari waktu ke waktu, makanan spesial Surabaya telah mengalami perkembangan yang pesat. Semakin lama, semakin banyak tempat makanan yang menyediakan berbagai kuliner khas kota ini dengan cita rasa yang lezat dan mantap. Di artikel ini akan membahas beberapa masakan nusantara khasl Surabaya yang harus Anda cicipi saat mengunjungi kota ini. Yuk simak informasinya di bawah ini.

Sate Klopo

Pernah mendengar kuliner dengan nama “Sate Klopo”? Sate yang menjadi makanan spesial Surabaya ini terbuat dari campuran jeroan dan lemak sapi yang dilumuri oleh parutan kelapa sebelum dibakar. Anda bisa menemukan sate ini dengan mudah di Surabaya.Banyak warung-warung terkenal yang menjadikannya sebagai menu utama. Mungkin, Anda harus sedikit bersabar ketika akan mencicipi sate ini, pasalnya warung Sate Klopo biasanya tidak pernah sepi dari pelanggan.

Soto Lamongan Cak Har

Meski bukan makanan asli Surabaya, Soto Lamongan bisa terbilang menjadi makanan spesial Surabaya yang populer di kalangan masyarakatnya. Berbeda dengan soto-soto yang berasal dari Jawa Tengah yang berkuah bening, soto ini malah dimasak dengan santan, sehingga memiliki rasa yang gurih sekaligus kuah yang kental. Bila Anda ingin mencicipinya, mungkin bisa mengunjungi Jl. Ir. Soekarno, karena di sana terdapat salah satu rumah makan yang menyediakan Soto Lamongan terenak se-Surabaya.

Nasi Krawu

Bila Anda menginjakan kaki di kota Surabaya, maka kudapan yang sangat wajib untuk Anda cicipi adalah Nasi Krawu. Nasi Krawu merupakan makanan spesial Surabaya yang merupakan perepaduan antara nasi putih dengan semur daging, sambal terasi, serundeng, dan jeroan atau isi perut sapi. Makanan ini paling pas disantap sebagai menu sarapan. Mungkin, bagi Anda yang suka menyantap makanan berat sebagai menu saat sarapan, kudapan ini bisa menjadi makanan yang cocok untuk Anda.

Rujak Cingur

Ingat Surabaya, sudah pasti ingat dengan sajian uniknya, yaitu Rujak Cingur. Rujak ini memang terbilang kuliner Indonesia yang cukup unik, karena isiannya terdiri dari beraneka macam sayuran, buah, lontong, dan disiram dengan bumbu kacang yang dicampur petis. Satu lagi yang menambah keunikan makanan spesial Surabaya satu ini adalah penggunaan cingur atau hidung kerbau sebagai bahan campuran utama. Apa Anda tertarik untuk mencoba kudapan ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *