Wajib Coba! Kuliner Makanan Khas Pulau Sumatera

kuliner makananKuliner makanan apa yang selalu Anda incar ketika datang ke Pulau Sumatera? Semua pulau di Indonesia memiliki banyak pilihan makanan. Bagi yang belum pernah mampir ke Sumatera, coba deh sekali-kali datang dan nikmati semua makanan di sana. Tidak usah bingung, berikut pilihan yang wajib dicoba.

1. Ayam Tangkap, Aceh

Mengunjungi daerah Sumatera bagian Aceh harus ingat menu ayam tangkapnya. Dengan bumbu rempah gurih enak disajikan sangat masih hangat setelah digoreng sebelumnya. Bumbu dasar yang digunakan antara lain lada, kemiri, garam, jahe serta bawang putih. Rasa yang dihasilkan lebih menggoyang lidah Anda ketika kuliner makanan ini dimasukan beberapa genggam daun pandan, kari dan salam koja. Dedaunan tersebut yang membuat menu ayam ini berbeda karena menarik untuk dicicipi. Jika dinikmati segali hangat daun tersebut memiliki tekstur kering dan renyah sperti kerupuk saan memakannya.

2. Seruit, Lampung

Seruit yang berasal dari Lampung ini adalah kuliner makanan dari ikan bakar atau goreng. Tak lengkap jika makanan ini tidak menggunakan sambal terasi, tempoyak atau mangga. Anda bisa menemukan seruit dengan jenis ikan berbeda, seperti ikan belida, baung maupun lais. Untuk bisa menikmatinya, memerlukan proses yang cukup panjang. Ikan terlebih dahulu dibumbui dengan beberapa bahan garam, jahe, kunyit, dan bawang putih. Ikan akan dibakar selama kuring lebih 10 menit, tak lupa olesi dengan kecap manis dan bumbu. Sambal terasi yang menggoda terbuat dari cabai merah, garam, rampai dan terasi bakar. Tumbuk secara halus dan dan tambahkan seruit dengan tempoyak agar cita rasa semakin kuat. Tambahkan beberapa lalapan pelengkap seperti terong, jengkol, kemangi, dan daun jambu monyet.

3. Bihun Bebek, Medan

Masyarakat kota Medan sudah tidak asing lagi dengan kuliner makanan ini. Biasanya Anda bebek lebih sering dikonsumsi dalam bentuk digoreng atau panggang, namun bebek dengan sentuhan kuah juga tidak kalah lezat. Jangan lupa singgah untuk menikmati kedai sederhana yang menyediakan bihun bebek. Memang harganya cukup mahal karena Anda dikenakan 60 ribu rupiah untuk satu mangkuknya. Tetapi tenang saja, dengan harga tersebut Anda tidak akan menyesal karena daging yang digunakan berkualitas. Kuliner ini juga dikenal sebagai bihun kumango, bahan dasar dari bihunnya menggunakan tepung beras yang dicampur dengan kanji. Satu mangkuk berisi kuah bening yang sudah diberi kaldu bebek, bihun dan suwiran besar daging dan taburan kucai. Silahkan mencobanya bersama keluarga Anda.

4. Brengkes Tempoyak, Palembang

Kuliner makanan tradisional selanjutnya ini memang tidak ada tandingannya. Berasal dari Palembang, menggunakan ikan patin segar dan bumbu tempoyak atau hasil fermentasi durian. Rasa yang tercipta oleh makanan brengkes tempoyak sangat unik ada rasa manis, asam, pedas dan gurih terasa dalam satu kesatuan. Bahan yang membuat makanan ini selalu lezat yaitu cabai merah, gula jawa, kunyit, serai, bawang, dan laos. Perpaduan antara ikan patin dan bumbu durian membuat masakan tradisional ini sangat bergizi untuk memenuhi kebutuhan protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *