Usaha Agribisnis yang Menguntungkan

tanaman hiasPermasalahan yang terjadi di suatu negara bisa menjadi sebuah peluang usaha. Seperti mengurangi masalah globalisasi perlu adanya kesadaran masyarakat dalam pentingnya memiliki tanaman di sekitar lingkungannya. Usaha agribisnis ini juga tidak memerlukan modal yang besar dan bisa dilakukan oleh siapa pun tetapi ada baiknya kenali terlebih dahulu beberapa jenis tanaman yang ingin Anda jadikan bisnis. Beberapa contoh berikut ini bisa Anda jadikan peluang usaha.

1. Tanaman Hias

Usaha agribisnis dalam bentuk tanaman hias memberikan untung yang menjanjikan. Biasanya orang tertarik untuk membeli demi menciptakan suasana rumah yang asri dan nyaman. Selain itu juga digunakan pada bangunan gedung, kantor, sekolah, rumah sakit, taman, guna mempercantik serta memberikan udara menjadi sejuk. Sebelum memulai usaha ini perhatikan trend yang diminati oleh pembeli. Tetapi ada beberapa jenis tanaman bunga seperti mawar, anggrek, melati, daisy, selalu dicari dan tidak pernah menurun tingkat penjualannya. Karena biasanya tanaman bunga tersebut dijual dalam bentuk tanaman potong yang siap dijual perbatangnya sebagai hadiah untuk orang spesial.

2. Bonsai

Tanaman yang unik ini masih memiliki peminat ang cukup tinggi. Memiliki ciri khas batang yang kerdil dan keras yang bisa dikembangkan secara vegetative atau stek. Jika ingin menjual usaha agribisnis ini Anda perlu memahaminya lebih dalam agar tidak terjadi kesalahan dalam perawatannya. Kunci merawat tanaman jenis bonsai adalah sering melakukan penggantian pot untuk mendorong pertumbuhan akar baru. Jangan melakukan penyiraman terlalu sering dan hindari paparan sinar matahari secara berlebihan demi mencegah terjadinya jamur dan kerusakan pada pertumbuhan bonsai.

3. Tanaman Hidrogel

Jika Anda bingung ingin memiliki tanaman hias tetapi tidak adanya lahan yang memungkinkan, tanaman hidrogel adalaha solusinya. Memiliki bentuk unik seperti gel dan variasi warna yang lucu menjadi daya tarik tanaman ini. Jenis tanaman yang bisa dirawat dengan media hidrogel yaitu kuping gajah, rumput hias, rumput payung dan lain-lain. Tanaman hidrogel hanya cocok di tempatkan dalam ruangan dan hindari terkena air terlalu banyak agar akar tanaman tidak membusuk.

4. Kaktus

Banyak penggemar baru yang menyukai tanaman kaktus untuk dijadikan pilihan merawat tumbuhan di sekitar lingkungannya. Kaktus hias memiliki banyak jenisnya seperti kaktus Astrophytum, echinocactus grusonii, ferocactus dan masih banyak lainnya. Melakukan perawatan tanaman kaktus terbilang mudah karena tanaman ini tidak boleh sering disiram. Saat ini usaha agribisnis jenis kaktus banyak dijadikan hadiah souvenir maupun wisuda karena memiliki bentuk dan packaging yang lucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *