Tips Mudah Merawat dan Menjaga Kebersihan Sekolah

Sekolah yang bersih selalu menjadi dambaan semua murid karena sekolah yang bersih tentunya akan mempengaruhi berbagai aktivitas yang ada di sekolah seperti kegiatan olahraga, ekstrakulikuler, dan saat jam pembelajaran. Mood para murid pun akan bertambah jika sekolahnya bersih dan berbagai sampah. Tetapi merawat kebersihan lingkungan itu ternyata tidak mudah karena dalam satu sekolah bisa ada beribu-ribu murid. Sekolah bisa menjadi lebih mudah kotor dan fasilitasnya juga menjadi lebih mudah rusak. Padahal sebagai seorang murid yang cerdas kita harus selalu menjaga kebersihan sekolah. Intip beberapa tips ini agar sekolahmu tetap bersih.

Menempatkan Banyak Tempat Sampah

Karena jumlah murid yang terlalu banyak maka sampah pun akan sama banyaknya. Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menempatkan tong sampah diberbagai sudut sekolah seperti kelas, toilet, di depan kelas, kantin, lapangan dan masih banyak tempat lainnya. Kebersihan sekolah bisa dilaksanakan jika muridnya pun disiplin. Buanglah sampah pada tempatnya dan pisahkanlah sampah yang sesuai jenisnya. Membuang sampah bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan bukan?

Selalu Membersihkan Papan Tulis

Hal ini memang terdengar spele tapi harus selalu dilakukan apalagi karena akan selalu berganti jam pelajaran setiap beberapa jam sekali. Pasti banyak sekali coretan-coretan yang dibuat oleh gurumu di papan tulis. Jika papan yang digunakan adalah papan untuk kapur maka sebaiknya harus lebih sering untuk dibersihkan karena debu yang dihasilkan kapur bisa berbahaya. Jangan anggap ini spele untuk kebersihan sekolah terutama jika tidak mau dimarahi oleh gurumu.

Merapikan Kelas Sesudah Kegiatan Pembelajaran

Semua yang ada di sekolah adalah miliki bersama dan bukan hanya milikmu. Cobalah untuk lebih berhati-hati saat menggunakannya dan jangan sampai merusakanya seperti mencoret-coret bangku dan meja menggunkana tip-x atau spidol. Kebersihan sekolah akan terasa jika semuanya serba rapih. Mulailah dari kelas, rapikan meja dan bangku ketika jam pelajaran sudah berakhir atau bisa periasapkan alat-alat kebersihan seperti sapu, kemoceng, serok untuk bersih-bersih.

Menerapkan Jadwal Piket

Piket adalah hal yang wajib dipunyai oleh semua sekolah. Buatlah jadwal piket dan rundingkan dengan teman-temanmu siapa saja yang akan piket sesuai jadwal yang dibuat. Cara ini agar mendukung kebersihan sekolah dan lingkungan menjadi lebih nyaman. Dan jika ada yang tidak mengikuti peraturan kebersihan maka bisa membuat hukaman deperti denda uang jika tak mengerjakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *