Tips Mudah Menjaga Kesehatan Tubuh

kesehatan tubuhTubuh yang sehat akan menunjang aktivitas Anda sehari-hari dengan maksimal. Tetapi, banyak orang yang menguras energinya secara maksimal, namun tidak memperhatikan kesehatan mereka. Akhirnya, mereka jatuh sakit dan semua pekerjaan terbengkalai. Padahal, menjaga kesehatan tubuh tidak sesulit yang dibayangkan. Anda cukup menjaga pola makan, selalu mengonsumsi vitamin, dan selalu menjaga kebersih. Jika hal tersebut masih agak sulit untuk Anda lakukan, mungkin tips di bawah ini akan berguna untuk Anda praktikan.

1. Mengkonsumsi air putih

Tahukah Anda, hampir 70% komponen sel dalam tubuh adalah air? Oleh sebab itu, jangan biarkan tubuh Anda kekurangan air, karena kekurang air 2% saja tubuh Anda akan mengalami dehidrasi parah. Nah, dengan mengonsumsi air putih 8 gelas dalam sehari, Anda telah menjaga kesehatan diri dan terhindar dari dehidrasi. Jumlah ini adalah jumlah minimal untuk mengonsumsi air putih, lebih dari 8 gelas pun diperbolehkan.

2. Olahraga dan makan makanan bernutrisi

Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga memang sudah menjadi cara yang paling lumrah untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Anda cukup melakukan olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh secara rutin. Jangan pernah memaksa diri sendiri untuk melakukan olahraga di luar kemampuan Anda. Bukan sehat yang Anda dapatkan, malah kegiatan ini akan membuat tubuh kelelahan dan berujung sakit.

Olahraga seperti jogging, bersepeda, atau berenang bisa menjadi pilihan Anda. selain ringan, ketiga olahraga tersebut juga mudah dilakukan. Bila Anda bekerja, Anda bisa melakukan olahraga setelah pulang kantor atau melakukannya saat weekend.

3. Hindari stress

Ternyata, bukan hanya faktor makanan kurang sehat yang bisa membuat Anda sakit, kesuntukan dan stress juga mempengaruhi kesehatan tubuh. Untuk itu, sebisa mungkin menghindari dan mencegah timbulnya stress. Cara mencegahnya pun cukup mudah, cukup luangkan waktu Anda untuk refreshing atau liburan bersama teman dan keluarga. Atau, berkumpul bersama teman dan menyalurkan hobi Anda saat weekend. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi beban pekerjaan yang membuat Anda banyak pikiran dan berujung stress.

4. Jangan mengonsumsi alkohol dan merokok

Asap rokok yang masuk ke paru-paru akan membuat organ ini terkontamonasi oleh beragam zat racun yang ada di dalam sebatang rokok. Sementara, minuman beralkohol yang dikonsumsi bisa menyebabkan beragam penyakit kronis, termasuk kanker. Untuk itu, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi kedua barang ini. Bila Anda telah terkontaminasi at ini, mungkin Anda bisa mulai melakukan detoks untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Lebih baik, Anda mengganti aktivitas ini dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Dengan begitu kesehatan tubuh akan lebih terjaga, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *