Tips Menjaga Kebersihan di Sekitar Anda

Menjaga lingkungan agar tetap bersih merupakan hal yang susah-susah gampang. Pertama-tama, semua harus diawali dengan niat dari hati setiap masyarakat. Jika orang-orang yang ada di sekitar tempat tinggal Anda sadar akan kebersihan lingkungan, maka mereka tidak akan segan untuk menjaganya.

Bila Anda ingin tinggal di daerah yang bersih dan sehat, maka Anda harus menjaga kebersihan di sekitarnya. Mungkin beberapa tips di artikel ini bisa membantu Anda menemukan cara menjaga kebersihan di kawasan Anda.. Yuk, langsung simak saja tipsnya.

Dimulai dari diri sendiri

Sebelum menyuruh orang lain itu melakukan suatu kebaikan, maka Anda harus memulainya pada diri sendiri. Jika diri sendiri saja tidak memiliki keinginan menjaga kebersihan lingkungan, bagaimana dengan orang lain? Saat Anda sudah mulai terbiasa untuk membersihkan lingkungan, baru Anda dapat mengajak masyarakat untuk melakukan hal yang sama. Anda bisa memberikan kelebihan dari aktivitas merawat lingkungan sedikit demi sedikit. Dengan begitu, masyarakat akan terinspirasi untuk mengikuti jejak Anda.

Perbanyak tempat sampah di lingkungan Anda

Salah satu faktor pendorong orang membuang sampah sembarangan adalah minimnya tempat sampah. Mungkin saja tempat pembuangan sampah di lingkungan tersebut sangat jauh atau jarang, sehingga mereka malas untuk jalan jauh demi membersihkan sampah. Oleh sebab itu, sediakan banyak tempat membuang sampah yang layak di sekitar rumah Anda. dengan begitu, orang tidak akan malas lagi untuk membuang sampah pada tempatnya dan bersedia menjaga kebersihan di daerah sekitar.

Sosialisasi mengenai sampah

Meski sudah bukan hal asing lagi, masih banyak masyarakat Indonesia yang kesusahan untuk membedakan sampah organik dan non organik. Padahal, pemerintah sudah menyediakan dua tempat sampah berbeda untuk kedua jenis sampah ini. Untuk itu, ada baiknya pemerintah atau pihak yang berwenang untuk mengadakan sosialisasi mengenai jenis sampah dan cara membuangnya. Dengan melakukan ini, masyarakat akan lebih paham untuk menjaga kebersihan dan tak segan untuk mengelompokan sampah secara mandiri.

Buang sampah pada tempatnya

Sebenarnya, kegiatan ini masih memiliki benang merah dengan penyediaan tempat pembuangan sampah yang layak di sekitar lingkungan. Pasalnya, dengan meletakan sampah pada tempatnya, Anda telah membantu untuk menjaga kebersihan lingkungan, menanggulangi bencana banjir dan juga menghentikan pencemaran tanah akibat sampah non organik yang sulit diurai oleh zat pengurai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *