Tips Menjadi Penulis Lepas yang Menghasilkan Uang

menghasilkan uangMemiliki kemampuan dan hobi dalam menulis? Anda bisa memulainya dengan menjadi seorang penulis lepas yang bisa mendapatkan pemasukan. Dalam dunia digital yang terus meningkat, akan semakin banyak produk, tempat, atau event yang membutuhkan jasa ini. Pekerjaan ini bisa dimulai dari yang masih pemula sampai yang sudah berpengalaman. Siapa yang tidak ingin menghasilkan uang di masa muda, karena Anda akan bekerja tanpa terikat dengan perusahaan tersebut. Anda akan dibayar ketika artikel atau tulisan Anda bisa diterbitkan oleh klien. Berikut tipsnya untuk Anda yang ingin memulai menghasilkan uang melalui hobi menulis.

1. Perbanyak Membaca

Mulai dari membaca, ini adalah sebuah dasar penting yang harus diperhatikan bagi seorang penulis lepas dalam menghasilkan uang. Ketika ingin tulisan Anda dibaca, maka cobalah membaca. Dengan membaca bukan hanya wawasan baru yang didapat, tetapi bisa melatih dan mengasah otak saat mencari ide. Referensi yang bisa Anda temukan dengan mudah melalui internet seperti beberapa website tertentu bahkan buku-buku hasil terbitan penulis handal sekali pun. Harus siap mendapatkan permintaan klien yang berbeda, karena mereka akan menetukan tema dan topik apa yang akan kita tulis.

Sering membaca akan melatih diri untuk menyusun kalimat dengan gaya bahasa yang baik dan sesuai EYD. Kulaitas tulisan yang baik akan mempengaruhi klien untuk percaya pada kinerja Anda. Membaca akan mengurangi efek “stuck” saat sedang menulis. Pada setiap buku memiliki tujuan dan akhir yang akan memberikan pelajaran baru serta membuka pikiran kita dalam memandang suatu hal. Hal-hal dasar seperti struktur kalimat dan format artikel yang baik akan terbiasa jika Anda selalu membaca.

2. Buat Blog untuk Berlatih Menulis

Tantangan baru selanjutnya adalah mencoba untuk buat blog sendiri. Dengan blog tersebut akan mudah mengeluarkan isi kepala tentang apa yang sedang dipikirkan. Jika belum berani mempublikasikannya, buatlah draft melalui laptop atau buku catatan Anda. Tidak harus selalu dalam bentuk satu artikel, bisa perlahan melalui ide judul atau potongan kalimat sajak sederhana. Kunci terpenting adalah membiasakan diri untuk menulis agar kreativitas Anda terus berkembang.

Kendala yang banyak dialami oleh para penulis adalah tidak tahu harus menuangkan ide tersebut dalam sebuah kalimat yang tepat. Ketika otak sudah berpikir dengan baik, tetapi karena kurangnya bendahara kosakata Anda maka akan sulit merangkainya menjadi pola kalimat. Keuntungan menjadi penulis lepas, bisa mengerjakannya di mana saja dan sesuai batas waktu yang sudah ditentukan. Media blog pribadi ini juga akan membantu saat ada klien yang ingin melihat hasil tulisan Anda, bisa dikatakan blog adalah sebuah portofolio yang bisa dipromosikan. Jika ada yang tertarik Anda bisa saja mendapat tawaran sebagai seorang penulis dan akan menghasilkan uang tambahan.

3. Minta Pendapat Teman

Menghasilkan uang memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, dengan peluang menjadi penulis bukanlah sebuah hal yang merugikan. Tugas lain sebagai seorang freelancer adalah membaca kembali dan mengoreksi tulisan Anda, apakah enak dibaca dan ada kesalahan pada penulisan tiap kata. Jangan sampai menunggu adanya koreksi dari orang lain atau bahkan klien, mulai periksa dari diri Anda. Setelah sekiranya sudah yakin, bisa minta bantuan teman Anda apakah karya Anda sudah layak dibaca oleh banyak orang? Jadilah seseorang yang bisa menerima segala masukan dengan baik. Melalui teman Anda, akan melatih untuk lebih percaya diri serta teliti dalam mengerjakannya. Seiring berjalannya waktu, saran dan kritik dari mereka akan meningkatkan kualitas tulisan yang sudah kita buat selama ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *