Tips Memilih Bumbu Masakan Indonesia

Percaya atau tidak, untuk menghasilkan masakan lezat, enak dan sehat, Anda bukan hanya membutuhkan bahan-bahan yang baik, tetapi juga bumbu dapur yang segar. Oleh sebab itu, Anda harus pandai memilih bumbu masakan yang masih dalam keadaan baik dan segar. Mungkin beberapa tips memilih bumbu di bawah ini bisa membantu Anda untuk lebih cermat dan cedas. Mau tahu bagimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Memilih Bawang

Ketika Anda memilih bumbu masakan seperti bawang, khususnya bawang merah, maka pilihlah yang dalam kondisi keras. Selain itu, pastikan kulit bawah tersebut tidak memiliki noda hitam dan terasa basah saat dipegang. Sementara, jika Anda akan membeli bawang putih, maka pastikan bentuknya masih utuh, keras, dan berwarna putih gading. Untuk menyimpannya, Anda bisa meletakkan bawang dengan cara digantung dengan jaring. Bila Anda ada waktu, mungkin sesekalibisa menjemurnya di bawah sinar matahari untuk menghilangkan kelembaban.

Memilih Cabai Merah

Saat Anda akan membeli cabai merah, sebisa mungkin memilih bumbu masakan dengan bentuknya lurus dan berwarna merah terang. Selain itu, cek juga keadaan batang cabai, pastikan masih melekat pada batang dan berwana hijau. Jika begitu, maka cabai yang Anda pilih dalam keadaan segar. Bila Anda ingin menyimpannya di lemari pendingin, ada baiknya bila Anda tidakĀ menyimpannya dalam plastik, karena akan cepat busuk dan berair. Anda bisa menyimpannya dalam wadah terbuka di dalam kulkas selama 2-3 minggu.

Memilih Lengkuas

Untuk mengetahui lengkuas yang masih bagus, maka cara yang perlu Anda lakukan untuk memilih bumbu masakan adalah dengan menekannya. Lengkuas yang baik dan segar tidak terasa kering saat dipegang, namun tidak juga lembek. Jadi pastikan keadannya cukup baik ketika Anda menekannya.

Memilih Jahe

Tips memilih bumbu masakan yang terakhir adalah Jahe. Saat Anda akan membelinya, pastikan kondisi jahe sudah dalam kondisi yang bersih dari tanah. Bila masih kotor, maka akan menyulitkan Anda untuk memilah jahe yang segar dan yang busuk. Pasalnya, kulit jahe yang mulus menandakan bahwa jahe tersbeut masih dalam keadaan segar. Sebaliknya, bila kulitnya sudah keriput maka menandakan bahwa jahe itu sudah lama dipetik dan sudah tidak fresh lagi. Untuk menyimpannya, Anda baiknya bila di letakan di dalam keranjang yang di simpan dalam tempat yang sejuk. Tetapi, jangan pernah menyimpan jahe di dalam lemari es, karena akn merusak teksturnya dan membuatnya lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *