Tips Melestarikan Kesuburan Tanah di Rumah

Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah yang subur, oleh karena itu negeri ini dikenal sebagai negara agraris di mana sebagian besar penduduknya bercocok tanam. Meski dikaruniai tanah yang subur, sewaktu-waktu unsur hara yang membuat tanah subur lama kelamaan akan habis dan hanya akan meninggalkan tanah yang tandus. Untuk menghindari hal ini, masyarakat harus bergotong royong untuk melestarikan kesuburan tanah. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyuburkan tanah. Di artikel ini akan dijabarkan masing-masing caranya berikut ini.

Memupuk tanah

Hal pertama yang bisa dilakukan demi melestarikan kesuburan tanah adalah dengan memupuknya. Tujuan dari memupuk tanah sendiri ini pun adalah untuk menyuburkan tanah afar selalu dapat digunakan untuk bercocok tanah setiap saat. Sebab, dengan memberikan pupuk yang rutin, maka unsur hara yang ada di dalam tanah tersebut akan terawat dengan baik dan tidak akan cepat habis. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan jenis pupuk yang dipakai. Usahakan untuk selalu menggunakan pupuk organik berbahan alami. Sebab, jika Anda terlalu sering menggunakan pupuk kimia, maka hal tersebut akan menjadi penyebab dari pencemaran tanah.

Mendaur ulang sampah plastik

Mungkin, Anda akan bertanya apa hubungannya mendaur ulang limbah plastik dengan melestarikan kesuburan tanah. Sebenarnya, kedua hal ini memiliki hubungan yang sangat erat. Pertama, sampah plastik sudah pasti akan dibuang di atas tanah. Kedua, sampah ini sudah diklaim sebagai jenis sampah yang sulit untuk diurai oleh bakteri pengurai. Oleh sebab itu, sampah jenis ini membutuhkan waktu hingga 400 tahun untuk melebur menjadi satu dengan tanah. Meski telah melebur, bahan-bahan kimia yang digunakan untuk membuat satu buah katung plastik akan tetap tertinggal di tanah. Jadi, bisa Anda bayangkan berapa banyak zat kimia dari benda ini yang tetap menyangkut di tanah?

Oleh karena itu, untuk menghindari hal ini terjadi, Anda bisa membantu melestarikan kesuburan tanah dengan cara mendaur ulang limbah plastik yang masih bisa di pakai atau mengurangi penggunaan tas plastik dan menggantinya dengan tas bahan. Dengan begitu, lingkungan Anda akan lebih bersih dan juga terawat dengan baik dalam waktu yang cukup lama.

Mengelola lahan tandus

Lahan tandus tidak bisa Anda biarkan begitu saja. Meski lahan ini sangat sulit dijadikan lokasi untuk bercocok tanam akibat kehilangan unsur hara, tetapi masih ada tanaman yang bisa tumbuh di atas tanah ini. Nantinya, pohon-pohon tersebut akan membantu menyuburkan kembali tanah tersebut. Apa lagi ketika daun-daun pohon berguguran dan berubah menjadi pupuk alami bagi tanah. Bisa dipastikan bahwa aktivitas ini akan melestarikan kesuburan tanah tandus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *