Tips Keuangan Keluarga Tetap Terkendali

tips keuangan keluargaDalam sebuah keluarga, yang dituntut untuk menafkahi memang seorang suami. Tetapi tidak ada salahnya bila seorang istri bisa ikut memberikan pemasukan. Begitu pun dengan pasangan suami istri memiliki kewajiban saling menjaga keuangan keluarga dengan baik. Walau memang biasanya yang bisa mengendalikan keuangan keluarga adalah istri. Bagaimana seorang istri bisa mengelola keuangan dengan baik? Yuk, simak proses mengatur keuangan yang bisa Anda coba.

1. Evaluasi Harian

Ternyata untuk menjaga keuangan keluarga kuncinya yaitu evaluasi harian. Melakukan evaluasi seperti mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang telah dilakukan. Kelola uang serinci dan sedetail mungkin akan sangat membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Tidak harus membawa buku catatan kecil karena Anda menggunakan aplikasi pada smartphone dengan mengunduhnya.

2. Tujuan Keuangan

Tetapkan tujuan keuangan Anda apakah untuk membeli mobil, rumah hingga biaya pendidikan anak. Sehingga dalam menabung akan terus ada acuan dan semangat sekitak menjalankannya. Selain menabung juga bisa diinvestasikan dengan keuntungan yang juga menguntungkan. Setelah ada tujuan maka bisa dipergunakan untuk menyusun keinginan barang-barang atau kebutuhan rumah tangga. Tujuan perlu dalam menstabilkan keuangan keluarga Anda.

3. Menabung Diawal Gajian

Tipa penting yang harus Anda lakukan untuk menjaga keuangan keluarga adalah menabung pada awal gajian. Sehingga akan terkontrol kebutuhan apa saja pada bulan tersebut yang harus dipenuhi. Minimal 30% uang tabungan sudah dipisahkan dari gaji yang Anda dapatkan. Lakukan kenaikan persentase menabung Anda agar hasilnya semakin banyak dan membantu dalam keperluan yang tak terduga.

Menabung bukan hanya perlu, usahakan bisa dilakukan secara disiplin. Proses disiplin ini kunci seseorang bisa menabungkan uangnya dengan lancar. Bagi perempuan bisa kurangi godaan keinginan terhadap barang diskon. Jika dipikirkan lebih matang, uang ini bisa digunakan sebagai dana pensiun Anda.

4. Apresiasi untuk Diri Sendiri

Setelah lelah bekerja, Anda bisa menghadiahi diri sendiri dengan sesuatu yang disukai. Bisa dengan menonton, wisata kuliner, karaoke, atau membeli buku bacaan yang sudah Anda inginkan. Bentuk apresiasi ini berbeda bagi setiap masing-masing orang. Tetapi jangan terlalu memaksakan, harus sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Disarankan untuk tetap sisipkan rasa berbagi pada siapa pun. Memberikan sebagian uang Anda kepada orang yang tidak mampu. Bisa menggunakan lembaga yang sudah bertanggung jawab dalam pendistribusian bantuan atau secara langsung ke tempat tertentu yang ingin Anda bantu. Semakin sering berbagi tanpa disadari apa yang Anda dapatkan bisa lebih dari yang Anda butuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *