Tips Hindari Kesalahan dalam Mengatur Pengeluaran

mengatur pengeluaranMemiliki keturunan adalah impian bagi para pasangan baru menikah. Sehingga ketika sang buah hati hadir pasti apapun kebutuhan anak akan segera dibeli. Padahal yang perlu diperhatikan adalah ketika sang bayi beranjak dewasa. Merencanakan dana dari sekarang untuk anak agar masa depannya terjamin. Agar tidak terjadi kesalahan selama memenuhi kebutuhan anak, simak apa saja yang perlu Anda hindari saat mengatur pengeluaran.

1. Boros Berbelanja Kebutuhan Bayi

Pada masa awal menjadi orangtua baru, kesalahan yang sering dilakukan adalah membeli perlengkapan bayi secara berelbihan. Sebenarnya hanya ada dua barang penting untuk bayi yang baru lahir yaitu box bayi dan car seat. Daripada harus membeli barang baru dengan harga mahal, sudah banyak online shop terpercaya yang menjual barang second hand. Selain itu juga bisa dengan menyewa tetapi pastikan dahulu apakah barang tersebut masih aman digunakan.


Mengatur pengeluaran akan mudah saat sudah mengetahui peralatan dan barang apa saja yang memang dibutuhkan oleh anak. Ada beberapa produk yang hanya digunakan dalam jangka waktu beberapa bulan, dan tentu hal tersebut jika dibiarkan bisa sangat boros. Untuk perlengkapan seperti pakaian juga jangan terlalu banyak membelinya, karena terkadang hadiah dari kerabat dekat Anda bisa terlalu banyak.

2. Menunda Menabung Untuk Kuliah Anak

Ketika terlalu fokus membeli kebutuhan bayi, Anda terkadang lupa mengatur pengeluaran untuk pendidikan anak. Keinginan orangtua hampir sama yaitu menyekolahkan anak mereka di tempa terbaik. Akan sangat terlambat menyadari biaya pendidikan anak saat anak sudah tumbuh dewasa. Ada berbagai macam cara mengatur pengeluaran secara bijak salah satunya mengalokasikannya untuk pendidikan buah hati tercinta.

3. Tidak Mengajar Anak Tentang Uang

Bukan hanya orangtua yang harus memahami tentang keuangan. Ajarkan anak sedari kecil tentang pentingnya satu nilai mata uang. Tunjukan cara menghargai setiap nilai uang yang dikeluarkan karena perlu adanya proses kerja keras. Uang didapatkan dengan usaha dan uang harus ditabung agar bertambah banyak dan hindari pemborosan. Saat sudah bisa berhitung, bisa dengan mengajarkan anak untuk mulai menabung.

4. Mengabaikan Kebutuhan Jangka Panjang

Terlalu sibuk emmenuhi kebutuhan hari ini juga bisa menimbulkan masalah di masa depan. Mengatur pengeluaran dengan bijak sebagai antisipasi jangka panjang. Hal kecil yang harus dipertimbangkan seperti membeli tempat tidur untuk anak, bisa dengan membeli yang lebih besar agar bisa digunakan hingga anak dewasa. Perhatikan masa depan keluarga Anda dengan lebih detail.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *