Poin Penting Untuk Memulai Bisnis Online

Teknologi zaman sekarang sudah masuk dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dan sangat dimanjakan dengan fasilitasnya yang canggih. Banyak bisnis yang beralih dari offline menjadi online dan salah satu industri yang terlihat perubahannya adalah bidang perdagangan.

Orang-orang sudah tidak perlu untuk melakukan kegiatan jual beli barang langsung dengan pelanggan dan penjualnya, mereka sudah bisa melalui online untuk memulai bisnis online atau membeli barang dengan cara praktis.
Anda ingin terjun di dunia digital online ini? Anda harus memahami point penting buat memulai bisnis online. Mari simak poin-poin tersebut.

Ide Bisnis

Ide untuk bisnis bisa datang dari mana saja, yang penting ide Anda harus baik dan lebih baiknya jika idenya unik. Tetapi, tidak masalah jika Anda ingin memulai bisnis online yang sudah ada, tapi Anda perlu tahu dan mempertimbangkan jenis usaha online seperti website, toko online, blog dan social media.

Setiap kali ada ide yang muncul, tuangkan ke dalam bentuk tulisan atau cara Anda untuk tidak melupakannya. Setelah Anda merasa sudah cukup terkumpul idenya, mulailah menyaring ide tersebut dan eliminasi yang Anda pikir kurang bagus dibanding yang lain. Pada akhirnya, Anda akan ada 1 ide unik dan bisa Anda dapat eksekusi.

Produk

Saat Anda sudah memiliki ide untuk usaha online, pastinya Anda sudah menentukan produk yang akan dipasarkan. Memilih produk adalah hal yang sulit dalam berusaha online, terutama bagi para pemula yang baru masuk ke dunia digital.
Jika Anda masih tidak yakin untuk memilih dan mencari produk Anda, perhatikan apa pelanggan butuhkan seperti mengatasi rasa sakit mereka, menyediakan produk dengan mengikuti minat dan kemauan Anda, atau memanfaatkan pengalaman yang keahlian Anda sendiri.

Persona Pembeli

Pesona pembeli adalah gambaran dari customer ideal Anda berdasarkan market research dan data real berdasar pelanggan yang ada. Pelanggan tersebut bisa diidentifikasikan dari berbagai hal seperti lokasi, jenis kelamin, usia, minat, koneksi, bahasa, pendidikan dan lainnya. Dari mengoleksi hal-hal tersebut, Anda akan temui kebutuhan mereka yang paling umum, karakteristik demografi, psikografis dan ciri-ciri perilaku pembeli. Dengan mengetahui perilaku konsumen dalam produk digital online, Anda lebih bisa mendapat gambaran untuk menghubungkan produk saat memulai bisnis online Anda.

Strategi

Anda pasti mau mempromosikan produk Anda secara gratis. Ada 2 strategi di dalam bisnis digital untuk mempromosikan produk tanpa berbayar, yaitu melewati media sosial seperti Instagram, Facebook dan lainnya.
Kalau promosi berbayar, Anda harus berani berspekulasi. Ini bergantungan dengan Anda; ikalnnya bisa efektif tetapi bisa juga kurang efektif, dan hasilnya akan diperhitungkan antara untung dan rugi.

Ketika Anda sudah memahami 4 poin, Anda sudah bisa memulai bisnis online dan siap untuk menjalankannya. Sebenarnya berbisnis online itu menyenangkan jika sudah memiliki niat dan pengetahuan bagaimana cara-caranya. Tapi, tentunya perjalanan ini akan memiliki risiko dan ujian. Jadikan kesusahannya sebagai pengalaman dan pembelajaran agar terus maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *