Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mendaftar Volunteer

Menjadi relawan atau mendaftar volunteer bukanlah hal yang mudah. Apa lagi ketika Anda memilih untuk menjadi relawan dalam bencana alam, rumah sakit, jasa pengajar di pedalaman, dan masih banyak lagi. Pasalnya, tugas seorang volunteer sangat berat dan membutuhkan kondisi fisik mau pun mental yang baik. Oleh sebab itu, ketika Anda memutuskan untuk bergabung menjadi volunteer, maka harus mempertimbangkan beberapa hal. Berikut daftar hal-hal yang harus Anda pertimbangkan dengan baik.

Tanpa Pamrih

Ketika mendaftar volunteer, maka jangan pernah mengharapkan imbalan dalam bentuk apa pun. Sepertinya namanya, pekerjaan ini dilakukan secara suka rela, sehingga pekerjaan yang Anda lakukan tidak akan dibayar dan memang tidak perlu dibayar. Oleh sebab itu, sebelum Anda melakukan pekerjaan sosial ini, pastikan diri Anda bisa menerima kondisi “tanpa pamrih” terlebih dahulu. Jika sudah bisa menerimanya, maka Anda dapat mendaftar menjadi seorang relawan.

Cek Reputasi Penyelenggara Kegiatan

Volunteer biasanya dinaungi oleh sebuah lembaga atau komunitas. Sebelum Anda mandaftar volunteer ke salah satunya, maka Anda harus memastikan dan mengecek latar belakang organisasi tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai nantinya Anda bergabung ke sebuah organisasi atau komunitas yang ternyata hanya memanfaatkan tenaga dan kecerdasan Anda untuk mendapatkan keuntungan semata. Oleh karena itu, teliti sebelum memutuskan itu perlu. Carilah komunitas yang memang sudah terkenal dengan reputasinya agar mempermudah Anda.

Atur Waktu Anda

Ketika mendaftar volunteer, maka Anda harus pintar mengatur waktu dengan pekerjaan atau aktivitas utama Anda. Jika Anda memiliki tanggung jawab seperti pekerjaan kantoran atau kuliah, maka tetaplah memprioritaskan kedua hal tersebut dibandingkan menjalankan kerja sosial menjadi relawan. Bila tugas utama Anda telah selesai, baru fokus ke pekerjaan sampingan menjadi volunteer.

Cari Kegiatan yang Sesuai Dengan Passsion

Di Indonesia, ada banyak sekali organisasi yang bergerak di berbagai bidang untuk mendaftar volunteer. Untuk itu, Anda bisa bebas memilih aktivitas mana yang memang sesuai dengan passion dan hobi Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih semangat dan bahagia menjalaninya. Contohnya, jika Anda sangat suka dengan berkebun, mungkin Anda dapat mendaftar volunteer di organisasi penghijauan atau penanaman bakau laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *