Persiapkan Tabungan Masa Depan Dengan Cara Seru Ini

tabungan masa depanSiapa bilang menabung itu sulit? Hanya sedikit memerlukan usaha yang harus Anda lakukan secara konsisten. Tabungan masa depan ini bertujuan memberikan kesempatan Anda menikmati masa tua yang indah. Mewujudkan mimpi seperti berlibur ke berbagai negara, membeli banyak barang yang Anda inginkan dimulai dari menyisihkan uang. Tidak perlu memaksakan diri dari nominal yang besar, mulailah dari uang kembalian Anda. Ikuti beberapa usaha seru berikut ini pasti akan selalu membuat akhir bulan Anda bahagia.

1. Potong Gaji Anda di Awal

Tanamkan dalam diri Anda untuk mulai menabung di awal saat gaji sudah keluar. Menabung di awal akan sangat membantu dalam menjaga uang Anda sebelum akhirnya digunakan untuk keperluan lain. Anggap saja uang yang Anda ambil tersebut adalah uang sisa yang harus Anda selamatkan. Buat sebuah catatan atau reminder di handphone Anda setiap tanggal gajian Anda harus mengeluarkan uang tersebut.

2. Sembunyikan Kembalian

Uang dengan nominal besar yang sudah terpecah menjadi receh bisa sangat cepat lenyap entah digunakan untuk apa. Berikan statement baru untuk setiap kembalian yang Anda dapat harus langsung dipisahkan bahkan sembunyikan pada tempat yang bikin lupa. Letakkan pada selipan dompet, jok kendaraan, tumpukan baju, lemari kamar hingga tempat tak terduga lainnya. Ketika ada hal mendadak dan sangat membutuhkan uang tanpa perlu menariknya di atm Anda, maka persembunyian uang kembalian akan snagat membantu. Jika Anda merasa sudah menyimpan di banyak tempat, kumpulkan kembali lalu masukan dalam rekening khusus tabungan masa depan Anda.

3. Pisahkan Nominal Tertentu

Cara ini sangat sederhana bisa Anda lakukan dengan mudah dan memberikan efek yang berguna. Pisahkan jumlah uang tertentu seperti pecahan 5.000, 10.000, 20.000 hingga 50.000 rupiah. Sesuaikan dengan tujuan tabungan Anda akan digunakan untuk apa. Jika Anda menemukan pecahan uang tersebut segera tempatkan pada celengan khusus. Dengan kebiasaan ini akan memberikan respon otomatis untuk menyimpan uang tersebut. Berani mencoba?

4. Arisan

Arisan bisa menjadi salah satu cara terbaik terutama bagi ibu-ibu untuk menabung uang belanja mereka. Tanpa Anda sadari Anda akan membangun kebiasaan baik selama bertahun-tahun untuk menyisihkan dan menabungnya dengan cara arisan ini. Ada beberapa orang yang berhasil hingga memiliki kos-kosan dan pergi haji. Keuntungan lain dari arisan Anda akan selalu menjaga tali silaturahmi dengan orang-orang tersebut. Meningkatkan sikap disiplin dan bertanggung jawab, melatih diri untuk mengatur keuangan dan mencapai target sesuai keinginan kita. Coba ajak teman kantor, tetangga, teman rumah hingga saudara Anda untuk membuat arisan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *