Menyusun Menu Makanan Sehat Untuk Keluarga

menu makanan sehatMenu untuk makanan yang terus berulang memang akan membuat Anda cepat bosan. Untuk itu, sebagai ibu rumah tangga Anda dituntut untuk selalu menyajikan beragam menu makanan sehat yang lezat sekaligus tidak membosankan. Dengan makanan yang menyehatkan, maka kesehatan Anda akan lebih terjamin dan terlindungi. Meskipun begitu, Anda tetap harus memperhatikan selera setiap anggota keluarga. Jangan sampai makanan yang Anda buat malah membuat mereka tidak berselera untuk menyantap masakan yang tersaji. Oleh karena itu, Anda perlu menyiasati keadaan ini dengan melakukan 4 langkah bijak berikut.

1. Menulis Rencana Makanan Harian

Untuk menghidari menu yang sama setiap minggunya, Anda bisa melakukan perencanaan untuk makanan setiap minggunya. Anda dan keluarga bisa menulis menu makanan sehat apa saja yang ingin di sajikan setiap harinya. Misalnya, di hari Senin Anda akan menyajikan sup salmon dan nasi merah, maka di hari Selasa Anda bisa menyediakan capcay dan tempe goreng.

Dengan mengisi perencanaan ini, Anda dan keluarga bisa berdiskusi menu apa saja yang bisa tersaji di meja makan. Sehingga, tidak akan ada lagi alasan ‘makanan tidak cocok’ oleh anggota keluarga. Lagi pula, kegiatan ini cukup menyenangkan dilakukan bersama. Terlebih lagi jika Anda juga melakukan belanja bahan masakannya secara bersama-sama.

2. Sediakan Makanan Berprotein Tinggi

Daging, ikan, dan kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi sangat diperlukan dalam menu sehat. Meski menyehatkan, Anda juga harus memperhatikan cara pengolahan bahan-bahan makanan ini. Jika Anda ingin menyediakan daging, maka Anda dapat menyajikannya dengan cara di panggang atau di bakar. Bila keluarga Anda tidak terlalu suka daging atau menjadi vegetarian, Anda bisa menggantnya dengan beragam olahan lain seperti telur rebus, susu kedelai, tahu dan tempe, atau beragam tumis buncis.

Pastikan juga Anda menggunakan bumbu olahan sendiri saat memasak, karena beragam bumbu cepat saji yang ada di supermarket mengandung banyak bahan kimia dan beragam proses panjang. Tentu Anda tidak ingin mengurangi kandungan gizi dalam bahan masakan karena menggunakan  bumbu siap saji, kan?

3. Hadirkan Buah dan Sayur Setiap Hari

Dari dua langkah di atas, ini lah langkah terpenting untuk menyiapkan menu makanan sehat untuk keluarga, yaitu selalu menyediakan buah serta sayur di meja makan setiap hari. Kandungan vitamin dalam buah juga sayur sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh. Apa lagi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Jika bosan dengan buah yang tidak diolah, mungkin Anda dapat memodifikasinya dengan cara membuat buah dan sayur menjadi jus, es buah, salad, rujak, hingga pudding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *