Manfaat Daur Ulang Limbah Bagi Lingkungan

Limbah merupakan sisa dari suatu proses produksi, baik dari limbah rumah tangga maupun limbah industri. Limbah ini sifatnya biasanya merugikan, karena  memag merupakan barang sisa yang biasanya tidak dipakai lagi. Untuk mengurangi tumpukan limbah yang semakin lama semakin menumpuk ini, Anda bisa memanfaatkannya lagi menjadi produk baru atau recycle. Seperti namanya, proses ini artinya mengolah kembali limbah-limbah yang masih bisa dipergunakan kembali dan difungsikan menjadi barang baru.

Di artikel berikut ini akan disebutkan beberapa manfaat daur ulang lainnya yang bisa memberikan manfaat positif bagi lingkungan.

Mengurangi polusi

Tahukah Anda bahwa melakukan kegiatan recylce dapat membantu mencegah pemansan global? Fakta tersebut memang benar adanya. Pasalnya, pengolahan bahan mentah dapat menimbulkan beragam bahan beracun yang bisa mencemari lingkungan. Dengan manfaat daur ulang, Anda akan mengurangi polusi yang mungkin akan terjadi dan berimbas buruk kepada kebersihan lingkungan.

Menghemat energi

Memproduksi barang dari awal dan dengan bahan baku baru sangat membutuhkan energi dan biaya yang banyak. Anda perlu mengeluarkan energi dan biaya dengan jumlah 100% dibandingkan jika Anda melakukan dauir ulang. Manfaat daur ulang adalah Anda tidak perlu mengeluarkan kedua hal tersebut sebanyak 100%. Mungkin Anda bisa menekan penghematan energi hingga 50%. Oleh sebab itu, mendaur ulang sesuatu tidak ada salahnya.

Ekonomis

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manfaat daur ulang selanjutnya adalah lebih ekonomis. Anda tidak perlu membeli bahan baku produk yang baru. Cukup manfaatkan limbah yang bisa didaur ulang, maka produk Anda bisa tercipta. Tentu saja harganya akan lebih murah dibandingkan membeli bahan baku baru. Selain itu, harga produk Anda juga akan lebih mudah dan ekonomi sehingga bisa dibeli atau dijangkau oleh setiap lapisan masyarakat.

Menghemat uang

Modal membuat produk dari awal memang lebih besar dibandingkan mendaur ulang barang yang sudah Anda. Bahkan, presentase pengehamatan dari manfaat daur ulang bisa mencapai 70% dibandingkan membuat barang baru. Selain lebih hemat, aktivitas memanfaatkan barang bekas kembali juga membantu lingkungan agar lebih bersih dan bebas dari limbah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *