Makanan Tradisional Khas Jawa Tengah Paling Banyak Disukai

makanan tradisionalJika berkesempatan liburan atau mengunjungi saudara ke beberapa daerah jangan lewatkan makanan tradisionalnya. Memang banyaknya jenis makanan daerah di Indonesia, maka dari itu ketahui beberapa diantaranya agar mudah mencari makanan tersebut. Ini dia makanan yang harus Anda cari jika mengunjungi daerah Jawa Tengah. Berikut makanan yang berada di sana.

1. Tempe Mendoan

Bisa dikatakan makanan ini bukan hanya populer di daerahnya, tetapi sudah mudah Anda beli di beberapa kota lain. Tempe mendoan berasal dari Banyumas dan Purwokerto maka saat Anda ke Jawa Tengah tidak akan susah mencarinya. Dengan warna kuning pucat dan banyak taburan daun bawang serta seledri membuat mendoan selalu menjadi juara sebagai makanan tradisional yang enak dan murah.

2. Nasi Liwet

Berasal dari Solo, makanan tradisional ini sering disebut dengan nasi liwet. Nasi disajikan dengan potongan ayam dan labu siam. Membuat nasi liwet hampir sama dengan pembuatan nasi uduk. Masak beras menggunakan santan dan kelapa tua sehingga rasa yang dihasilkan gurih. Ternyata dengan kenikmatan dari nasi ini, sudah berhasil disajikan sebagai menu utama pada hotel-hotel berbintang di Indonesia. Sebagai pelengkap, Anda bisa memakannya dengan lauk berupa telur rebus, hati/ampela, tempe bacem dan lain-lain. Menggunakan daun pisang sebagai wadah dan sendoknya.

3. Soto Kudus

Dari nama makanan tradisional ini sudah diketahui bahwa makanan ini berasal dari Kudus. Perbedaan jelas yang terlihat dari soto jenis lain yaitu menggunakan mangkuk yang lebih kecil. Anda bisa memilih ingin menggunakan daging kerbau atau daging ayam. Jika ingin mencoba sensasi yang berbeda silahkan pesan soto kudus daging kerbau. Dijamin akan membuat Anda ingin memesannya lagi.

4. Getuk Goreng

Mungkin diantara kalian sering membeli kue getuk yang direbus. Kalau ke daerah Banyumas Anda akan menemukan getuk goreng. Makanan Indonesia ini sering dijadikan oleh-oleh bagi turis lokal hingga mancanegara. Dengan rasa manis dan gurih, getuk ini terbuat dari singkong dan gula jawa/gula merah. Terciptanya makanan getuk goreng berawal dari ketidaksengajaan yang justru menjadi makanan yang paling dicari oleh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *