Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Populer

Image result for cara membuat cireng saljuOrang Sunda memang jago dalam membuat resep makanan. Banyak makanan yang berasal dari suku sunda terkenal hampir di seluruh penjuru Indonesia. Rasa dari masakan sunda mempunyai cita rasa yang tidak dimiliki di daerah lain, karena orang sunda sangat menyukai makanan yang pedas maka, rata-rata makanannya juga memiliki rasa yang pedas dan gurih. Tidak sulit untuk mencari makanan khas Jawa Barat karena banyak yang jual dari restoran-restoran mewah hingga pedagang kaki lima menjualnya. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan sunda yang paling populer.

Lotek

Lotek adalah makanan khas Jawa Barat yang mirip dengan gado-gado dari Betawi, bedanya bumbu lotek menggunakan terasi dan kadang dinikmati dengan kerupuk. Membeli lotek sangatlah mudah, bahkan di Jakarta sendiri masih banyak penjual lotek keliling yang membawa bakul. Jika Anda ingin menikmati makanan sehat Anda dapat mengkonsumsi lotek karena sangat baik untuk kesehatan. Sayur yang direbus kandungan nutrisinya tidak akan menghilang oleh karena itu lotek bisa dikatakan sehat.

Karedok

Bisa dibilang bahwa karedok adalah versi tradisional dari salad. Bahan-bahan karedok juga sama saja dengan lotek dan gado-gado hanya saja sama sekali tidak direbus atau mentah. Sayuran yang biasa digunakan adalah tauge, mentimun, kacang panjang, kol, terong, dan daun kemangi. Bumbunya pun sama saja, yaitu bumbu kacang tetapi lebih mirip bumbu pecel. Hmm, ternyata banyak makanan khas Jawa Barat yang sehat-sehat.

Batagor

Anda mungkin sudah sering mendengar nama makanan khas Jawa Barat satu ini tapi tahukah singkatan dari apa batagor ini? Ya, baso tahu goreng. Penggemar batagor banyak sekali dan itu sebabnya batagor selalu laku di mana saja. Batagor adalah hidangan yang terbuat dari basi yang digoreng dan terbuat dari tepung tapioka dan ikan tenggiri, lalu dibungkus dengan kulit pangsit. Disajikan dengan tahu goreng, kentang rebus, pare, kol rebus, dan telur rebus.

Cireng

Hmm, siapa yang tak mengenal cireng? Cireng sudah sangat populer di seluruh penjuru Indonesia karena keunikan rasanya yang gurih dan nikmat. Cireng adalah makanan yang berbahan dasar tepung tapioka dan tepung terigu. Makanan khas Jawa Barat ini sudah banyak divariasikan rasanya. Ada rasa sosis, telur, daging ayam, keju, BBQ, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *