Macam-macam Pencemaran Lingkungan yang Bisa Merusak Bumi

pencemaran lingkunganPencemaran lingkungan menjadi salah satu masalah lingkungan serius yang harus diselesaikan karena dampaknya yang sangat berbahaya bagi keseimbangan bumi. Masuknya zat, komponen, energi dan makhluk hidup lainnya ke dalam lingkungan bisa menyebabkan perubahan tatanan bumi. Salah satu dampaknya adalah menurunya kualitas lingkungan hidup dan hal ini harus diantisipasi agar manusia dan makhluk lainnya yang hidup di bumi dapat hidup. Untuk bisa mengantisipasi hal tersebut yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui terlebih dahulu tentang macam pencemaran lingkungan. Berikut beberapa pencemaran lingkungan yang dapat merusak bumi.

Pencemaran Udara

Pencemaran udara ada karena kehadiran bahan pencemar yang bisa berupa bahan kimia, substansi fisik dan biologi yang ada di udara dengan jumlah besar dan dapat menyebabkan kesehatan manusia, hewan, tanaman yang ada di bumi menjadi terganggu. Ada dua penyebab pencemaran lingkungan udara, yaitu faktor manusia dan faktor alam. Contoh dari faktor manusia adalah kebakaran, asap pabrik, pembakaran sampah, penggunaan kendaraan sedangkan contoh dari faktor alam adalah gunung meletus. Ketika udara sudah tercemar akan menyebabkan masalah serius, kehidupan organisme bisa terancam akibat udara yang buruk. Dampak yang bisa terjadi manusia diantaranya adalah sesak nafas dan gangguan paru-paru.

Pencemaran Air

Pencemaran lingkungan pada air disebabkan oleh masuknya bahan pencemar yang dapat menyebabkan rusaknya lingkungan air. Bisa terjadi karena kesengajaan atau ketidak sengajaan. Pencemaran air karena kesengajaan bisa terjadi karena limbah rumah tangga seperti air ditergen atau sampah-sampah jenis organik ataupun non organik yang dibuang ke sungai atau ke laut sehingga menyebabkan laut dan sungai menjadi tercemar. Sedangkan pencemaran dari ketidak sengajaan adalah tumpahnya tanker minyak dari kapal saat di tengah laut atau meledaknya populasi eceng gondok yang semakin tinggi. Penceraman ini bisa membunuh biota yang hidup di dalam laut.

Pencemaran Tanah

Akibat suka membuang sampah sembarangan tanpa sadar kita telah merusak lingkungan yang telah Tuhan buat. Pencemaran lingkungan tidak sadar sering kita lakukan setiap hari dan merusak tanah tempat berdirinya makhluk hidup. Contohnya saat membuang sampah yang terbuat dari kaca, plastik, kertas, karet, kaleng begitu saja dan perbuatan itu ternayata telah merusak konsistensi tanah sehingga menyebabkan tanah sudah tidak subur dan sekokoh dulu. Kerusakan struktur tanah ini berdampak serius dan mengancam nyawa manusia sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *