Inspirasi Masakan Nusantara Sehat dan Enak

inspirasi masakanPasti kita semua pernah mengalami masalah yang sama ketika ingin menentukan makanan saat sedang istirahat kantor. Ketika sedang berkumpul dengan teman-teman terkadang bingung ingin memesan menu apa. Biasanya makanan yang kita pilih harus enak, murah dan beberapa diantaranya memilih makanan sehat. Tidak perlu pusing mencari makanan dengan kriteria tersebut karena Anda bisa jadikan menu ini sebagai inspirasi masakan yang tepat.

1. Capcay

Berbahan dasar sayur-sayuran segar, tentu inspirasi masakan capcay ini bukan hanya enak tetapi juga sehat. Sayur yang biasanya digunakan adalah sawi putih, bunga kol, sawi hijau dan lain-lain. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu tumis bawang putih dan kemiri yang sudah dihaluskan. Ketika semua sayur sudah dicampurkan tambahkan saus sambal dan kecap sesuai selera. Selain itu agar lebih puas bisa diberikan potongan ayam, bakso atau seafood seperti udang dan cumi.

2. Tempe Penyet

Makanan sehat dan murah yang mudah Anda temukan yaitu tempe. Tetapi banyaknya pilihan varian tempe membuat tempe penyet banyak menjadi inspirasi masakan di berbagai macam tempat makan. Masyarakat Indonesia sudah mengetahui bahwa tempe terbuat dari kedelai sehingga tingginya kandungan protein yang ada. Selain tempe sebenarnya bisa dilengkapi dengan tahu hingga terong sesuai kesukaan Anda. Bedanya, penyet ini menggunakan sambal bawang yang sudah menjadi ciri khas masakan ini.

3. Perkedel Kentang

Perkedel paling mudah ditemukan pada warung makan siap saji seperti warteg atau warung padang. Tetapi sekarang sudah banyak restoran tradisional menyediakan menu tambahan berupa perkedel. Jika ingin mencoba membuatnya sendiri, siapkan kentang yang surah digoreng lalu haluskan. Tambahkan bawang putih dan merah, merica yang sudah ditumis, kemudian campurkan dan aduk dengan adonan kentang lalu siap digoreng kembali. Inspirasi masakan sederhana ini kaya akan karbohidrat, sehingga cocok sebagai menu sarapan atau makan siang.

4. Sayur Asem

Kandungan gizi yang terdapat dalam satu mangkuk sayur asem sangat bermanfaat untuk tubuh. Bahan dasar yang mudah Anda temukan di pasar tradisional hingga supermarket. Sayur asem terdiri dari jagung manis, kacang tanah, labu, kacang panjang, dan terong. Rebus bahan dalam satu panci, tambahkan asam, gula, garam, irisan bawang dan cabai secukupnya. Semakin nikmat sayur ini dimakan bersama tempe, tahu, ikan asin dan sambal. Jika tidak ingin repot membuatnya, sudah bisa Anda beli dengan mudah dibeberapa warung makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *