Inilah Aksi Melindungi Lingkungan Agar Sehat

Melindungi lingkungan agar tetap bersih merupakah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan lingkungan yang bersih akan memberikan kenyamanan sekaligus kesehatan bagi orang yang tinggal di sekitarnya. Coba Anda bayangkan jika lingkungan di sekitar rumah Anda kotor, penuh dengan sampah, dan juga memiliki irigasi air yang buruk? Pastinya resiko terserang penyakit akan lebih besar dan juga sangat tidak sehat bagi keberlangsungan hidup Anda dan keluarga. Oleh sebab itu, demi melindungi lingkungan Anda agar nyaman dan sehat maka harus melakukan beberapa aktivitas pendukung, seperti yang disebutkan di sini.

Buanglah sampah pada tempatnya

Membuang sampah pada tempatnya hukumnya wajib dilakukan oleh setiap manusia untuk melindungi lingkungan. Pasalnya, jika Anda membuang sampah secara sembarangan makan akan menyebabkan beragam masalah. Contohnya seperti banjir, pencemaran tanah, dan juga pencermaran udara bila tumpukan sampah itu menjadi bau. Akan lebih baik jika Anda bisa memisahkan jenis sampah ketika membuangnya, seperti sampah organik dan sampah non organik. Dengan begitu, pengolaan sampah selanjutnya akan lebih mudah.

Biasakan untuk membersihkan rumah

Demi menciptakan lingkungan rumah yang bersih, maka Anda harus membersihkan setiap sudut rumah setiap hari. Mulai dari kamar tidur, dapur, ruang tamu, kamar mandi, halaman rumah, selokan air, hingga sudut rumah lainnya. Dengan melakukannya, Anda telah membantu melindungi lingkungan sekaligus memberikan kenyamanan pada keluarga Anda di rumah.

Jangan lupa bersihkan selokan

Akibat fungsinya sebagai pembuangan air kotor, orang-orang jarang memperhatikan kebersihan selokan atau comberan. Padahal, salah satu cara melindungi lingkungan agar nyaman dan sehat adalah dengan membersihkan selokan. Selain untuk menghindari sampah menumpuk yang bisa menyumbat aliran air, selokan yang bersih akan membebaskan Anda dari resiko berkembang biaknya kuman dan bakteri di sekitar rumah.

Lakukan 3M

Satu lagi hal yang bisa Anda praktikan untuk melindungi lingkungan, yaitu dengan melakukan 3M. Apa itu 3M? 3M merupakan singkata dari Menutup (tempat penyimpanan air), Menguras (bak mandi secara rutin), dan Mengubur (barang-barang bekas). Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah pengembangbiakan nyamuk demam berdarah atau Aedes aegypti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *