Inilah 4 Aneka Sup Khas Nusantara Ternikmat

Kala udara dingin dan hujan turun, makanan hangat yang berkuah memang paling menemani momen ini. Coba bayangkan, semangkuk sup hangat tersaji di depan Anda kala hujan turun, pasti sungguh nikmat, kan?

Berbicara soal sup, jenis makanan ini memnag bukan aslei Indonesia. Namun, santapan ini sudah diadaptasi dan disesuaikan dengan cita rasa khas Indonesia. Bahkan, Indonesia pun memiliki aneka sup khas nusantara yang sangat nikmat dan wajib Anda cicipi. Mau tahu apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Sup Tunjang

Bila Anda kenal dengan gulai tunjang, maka Anda pasti bisa menebak jenis sup khas nusantara yang satu ini. Sup tunjang merupakan kudapan berbahan baku kaki sapi muda. Sup asal Pekanbaru ini sekilas memang terlihat seperti sup iga, hanya saja tulang kaki yang disajikan masih terbalut daging tebal nan empuk. Selain kaki sapi, makanan ini juga memiliki isian lain seperti kentang, wortel, tomat, dan daun bawang. Jangan luppa menyantapnya dengan acar timun, ya!

Sup Kaki Kambing

Dari sekian banyak sup, mungkin sup kaki kambing menjadi sup khas nusantara ini populer dibandingkan yang lainnya. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar kaki kambing plus tambahan aneka jerokan kambing. Sop ini pun ada dua jenis berbeda, yaitu dengan kuah bening atau kuah putih. Disebut dengan kuah putih karena sop ini dibuat dari campuran santan dan susu yang creamy. Bumbu dari sop satu ini sedikit rumit, seperti merica, kaldu kambing, pala, kapulaga, hingga bumbu khas Timur Tengah yang unik.

Sup Kimlo

Satu lagi sup yang bisa menjadi teman Anda melewati cuaca yang dingin, yaitu sup Kimlo. Sup yang satu ini bersal dari kota Solo dan uniknya kudapan ini merupakan perpaduan dari budaya Tionghoa dan Jawa. Sup ini memiliki isian yang beragam, seperti suwiran ayam, irisan wortel, jamur kuping, kembang tahu, dan bunga sedap malam. Semua bahan tersebut nanti dimasak bersama di daam kaldu ayam. Jangan lupa tambahkan bawang goreng saat menyantap sup khas nusantara ini, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *