Inilah 3 Minuman Khas Sunda Paling Nikmat

Beberapa kota di provinsi Jawa Barat banyak yang berhasil menjadi kota kuliner di Indonesia. Sebut saja, Bogor dan Bandung, kedua kota itu menjadi ikon kota kuliner yang sering dikunjungi oleh orang-orang Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, provinsi ini pun menyediakan aneka wisata dan kuliner yang unik serta bercita rasa khas. Oleh sebab itu, banyak orang yang selalu kembali mengunjungi kota-kotanya.

Selain terkenal dengan masakan nusantara khas Jawa Barat, ternyata provinsi ini juga memiliki minuman khas Sunda yang sangat nikmat untuk dicicipi. Kira-kira minuman apa saya yang masuk ke dalam tiga  minuman paling nikmat asal tanah Sunda? Simak Informasinya di artikel berikut.

Es Goyobod

Bagi Anda yang masuk ke dalam jajaran penyuka makanan atau minuman unik yang rasanya manis, maka es Goyobod akan menjadi minuman favorit baru Anda. minuman yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah basah kuyup ini mulai diperkenalkan sejak tahun 1930-an di Bandung. Tetapi, sejak terjadi peristiwa Bandung Lautan Api, minuman khas Sunda ini sempat menghilang dari peredaran. Namun, tidak lama kemudian kembali muncul di daerah Garut. Sejak saat itu, banyak masyarakat yang mulai menyukainya.

Es Oyen

Minuman  khas Sunda ini sebenarnya sudah terkenal sejak tahun 1945 oleh masyarakat Jawa Barat. Kepopuleran minuman ini pun tidak lepas dari jasa Pak Rahmat, pembuat Es Oyen pertama kali. Bapak Rahmat menjual es ini di sebuah kedai yang berlokasi di Jalan Sukadi, hingga akhirnya ia berhasil membuka banyak cabang hingga ke luar pulau Jawa. Biasanya minuman penyegar dahaga ini disajikan dengan isian aneka buah seperti alpukat dan kelapa muda yang dicampur dengan pacar cina, jagung, es batu, juga susu kental manis.

Ada fakta menarik dibalik nama es melegenda ini, nama minuman ini diambil dari nama burung peliharaan beliau, namun banyak konsumen yang mengira bahwa nama tersebut merupakan nama dari pemiliki kedai es ini.

Bandrek

Selain dipercaya sebagai minuman yang bisa menjaga kesehatan tubuh, Bandrek juga mampu meringankan penyakit tenggorokan, seperti radang atau pun batuk. Untuk membuat minuman khas Sunda yang satu ini pun tidaklah sulit, Anda hanya membutuhka bahan-bahan seperti gula merah, jahe, merica, pandan, serai, susu, dan juga telur ayam kampung. Minuman ini sangat cocok disajikan saat udara sedang dingin, karena memberikan efek hanga. Bukan hanya itu saja, ternyata Bandrek memiliki efek yang keras, khususnya jika dikonsumsi oleh dari anak-anak, karena itu ada beberapa jenis Bandrek yang hanya dikhususkan untuk diminum oleh orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *