Ini Dia Empat Makanan Khas Maluku yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Image result for papeda ikan kuah kuningMaluku adalah salah satu daerah Indonesia yang dikelilingi oleh lautan. Memiliki pulau dan pantai yang Indah menjadikan Maluku menjadi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi, karena Maluku dikelilingi oleh lautan, tak heran jika banyak hidangan makanan di sana yang berbahan dasar ikan. Makanan khas Maluku memang memiliki rasa yang berbeda dari daerah lainnya tetapi rasa dari makanannya juga sangatlah nikmat. Jika Anda berkunjung ke Maluku jangan sampai Anda melewatkan hidangan-hidangan makanannya. Berikut rekomendasi makanan dari Maluku yang wajib dicoba!

Gohu Ikan

Makanan khas Maluku ini disebut sebagai sashiminya Maluku karena sama-sama terbuat dari daging ikan tuna mentah. Ikan tuna segar diberi peresan jeruk nipis atau lemon, kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar, daun kemangi, bawang merah, minyak kelapa dan cabe rawit yang sudah diberi garam. Aduk hingga rata semua baru Anda bisa memakannya. Jangan khawatir bau amis dari ikan karena akan hilang jika diberikan air jeruk nipis.

Ikan Kuah Pala Panda

Makanan khas Maluku ini lebih tepatnya berasal dari kepulauan Banda dan menjadi andalan orang-orang di sana karena katanya hanya dengan mencium aromanya saja bisa menggungah selera makan. Dan karenanya, hidangan berkuah ini menjadi hidangan utama sebagai jamuan untuk para tamu. Bahkan sewaktu masa penjajahan Belanda dulu, masakan ini disajikan kepada para petinggi-petinggi Belanda saking lezatnya.

Papeda

Mungkin makanan asal Maluku satu ini sudah tidak asing bagi Anda dan yang menjadi makanan Maluku yang paling terkenal. Papeda terbuat dari bahan dasar sagu dan mempunyai tekstur yang lengket berwarna putih pucat cenderung bening. Ada banyak manfaat dari papeda bagi kesehatan, diantaranya adalah sangat cocok bagi orang yang sedang melakukan diet karena bagus sebagai pengganti nasi.

Nasi Jaha

Adalah makanan khas Maluku dengan bahannya adalah beras ketan dan santan kelapa yang dibungkus menggunakan daun pisang muda dan dimasukan kedalam bambu lalu dibakar. Nasi jaha adalah makanan yang mengenyangkan karena memiliki diameter 30-50 cm jika belum dipotong-potong menjadi bagian kecil. Hidangan satu ini bisa memiliki ukuran panjang dan diameter yang berbeda-beda karena tergantung bambu yang digunakan untuk membakarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *