Ingin Jadi Digital Nomaden ? Terapkan Tips Keuangan Ini Biar Sukses

uang-elektronik
Uang Elektronik

Digital nomaden kini tengah menjadi tren. Sesuai dengan istilah yang dipakai, nomaden berarti tinggal berpindah-pindah dengan bekerja di bidang digital.

Yap! Bekerja di dunia digital membuat seseorang memiliki fleksibilitas untuk kerja dari mana saja. Maka dari itu, beberapa orang akhirnya lebih memilih untuk menjadi digital nomaden. Mereka bisa berkeliling dunia namun tetap dapat uang.

Kalau begitu, simak tips dalam mempersiapkan keuangan biar kamu sukses jadi seorang digital nomaden berikut ini.

1. Siapkan dana awal untuk perjalanan pertama

Untuk menjadi seorang digital nomaden butuh modal awal. Modal uang lho ya. Di perjalanan ke perantauan pertama, kamu harus siapkan dana awal. Contoh, transportasi ke tempat tujuan, tempat tinggal, dan biaya hidup di sana.

Nah, biaya-biaya ini sebaiknya kamu siapkan sebelum berangkat. Sebab, bisa jadi kamu belum menemukan klien ataupun bisa langsung hasilkan uang saat sampai di tempat tujuan kan?

Meski demikian, tetap pastikan kamu sudah punya project yang bakal dikerjakan di tempat tujuan ya.

2. Siapkan dana untuk kebutuhan kerja

Namanya juga digital nomaden, pastinya banyak kebutuhan kerja berkaitan dengan teknologi. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki perangkat kerja sendiri. Pasalnya, tidak ada yang menanggung itu semua seperti saat bekerja di kantoran.

Kamu wajib punya laptop sendiri, modem sendiri, sampai dengan beberapa perangkat pendukung lainnya. Kamu yang menjalani profesi travel blogger atau influencer maka harus punya perangkat kamera yang mumpuni.

Tidak hanya itu aja, kamu juga harus menyiapkan dana untuk maintenance untuk perangkat-perangkat tersebut. Jangan sampai ada kejadian kamu gak punya uang untuk perbaiki atau ganti laptop bila tiba-tiba rusak. Perangkat-perangkat tersebut ibarat jantung buat kehidupan kamu.

3. Pilih tempat tinggal yang murah

Namanya juga nomaden maka tempat tinggal bukanlah sebuah prioritas utama. Toh kamu bakal berpindah-pindah. 

Kalau gitu, kamu sebaiknya pilih tempat untuk tinggal yang murah. Daripada habiskan uang buat ngekos di kos-kosan berfasilitas lengkap yang pasti biayanya mahal, lebih baik berhemat. Yang penting bisa istirahat dan cukup nyaman buat kerja, udah gitu aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *