Enaknya Mencicipi Makanan Manis Tradisional dari Makassar

makanan manis tradisionalBukan hanya makanan berat yang bisa membuat Anda ketagihan, karena beberapa cemilan ini juga digemari oleh masyarakat asli Makassar. Jika ada kesempatan ke Makassar, coba beli beberapa makanan ini. Karena tidak seru saat jalan-jalan ke daerah di Indonesia tetapi tidak membeli jajanannya. Yuk, beli makanan ini untuk Anda pecinta kuliner manis.

1. Cucuru Bayao

Pernah mencoba atau sekedar mendengar makanan manis tradisional ini? Cucuru Bayao biasa menjadi sajian saat acara pesta adat seperti pernikahan. Teman dekat dari cemilan cucuru ini yaitu barongko, taloba, biji nangka, kue pelita, sikaporo dan lain-lain. Memiliki warna kuning cerah mempercantik kue ini. Beberapa masyarakat percaya dengan makanan yang kental terdapat simbolisasi harapan akan manisnya kehidupan dari kedua mempelai.

2. Putu Cangkir

Untuk jenis kue putu cangkir sudah mulai jarang ditemui karena tergeser dengan jajanan modern lainnya. Cemilan manis Makassar ini menggunakan bahan gula merah, beras ketan dan kelapa harus melalui proses tradisional dengan uap air untuk mengeraskan adoanannya. Saat ini sudha tersedia beberapa warna cantik dari kue putu asli Makassar ini.

3. Barongko

Makanan manis tradisional khas bugis yang hampir sekilas terlihat seperti lontong ini memiliki rasa manis yang pas. Terbuat dari dari bahan dasar pisang yang dihaluskan, gula pasir, telur, garam serta santan. Adonan yang sudah matang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan selanjutnya dikukus. Setelah itu biarkan dalam lemari es beberapa menit. Jika dilihat dari sejarahnya, Barongko merupakan menu penutup bagi para raja bugis. Juga bisa ditemukan saat acara syukuran, pernikahan maupun sunatan.

4. Sikaporo

Makanan ini memiliki ciri khas berwarna cerah yang menarik perhatian pembeli. Memiliki dua warna hijau dan kuning dengan tekstur kenyal dan lembut. Sikaporo terbuat dari tepung beras, telur, santan, gula dan agar-agar. Menyajikan rasa manis dan gurih yang pas membuat lidah Anda selalu menikmatinya. Bagi banyak pengantin yang menggunakan adat bugis pasti menyediakan makanan sikaporo ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *