Empat Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Lingkungan Di Rumah

kesehatan lingkunganSalah satu cara menjaga pola hidup yang sehat adalah dengan selalu mengutamakan kesehatan lingkungan rumah. Lingkungan sehat dan bersih dari kuman dan kotoran akan membuat rumah lebih nyaman ditinggali. Lingkungan bersih dapat mengurangi berbagai risiko datangnya penyakit akibat kuman-kuman yang tersembunyi di berbagai sudut rumah. Jika rumah bersih maka kesehatan keluarga juga akan terjamin. Anda sebagai ibu juga harus concern terhadap hal ini, apalagi karena di Indonesia memilki iklim yang tropis dan lembab. Berikut ini empat langkah yang bisa diambil untuk kesehatan lingkungan!

Memberi Kesadaran pada Buah Hati

Sebagai salah satu faktor penting untuk membangun rasa cinta terhadap kesehatan lingkungan, maka Ibu harus mengajarkan betapa pentingnya lingkungan yang bersih untuk kesehatan. Anda harus memberikan kesadaran tentang lingkungan sejak dini kepada anak. Seperti biasakanlah untuk membuang sampah di temaptnya, selalu mencuci piring sesudah makan, mengepel lantai dan membersihkan kamar mandi. Tidak perlu keras pada Anak soal masalah ini. Contohkanlah hal-hal tersebut dan anak akan belajar dan berlatih sesuai dengan apa yang dilihatnya.

Belajar Membedakan Sampah

Banyak orang masih belum terlalu mengerti soal cara membuang sampah yang benar padahal sangat berpengaruh pada keselamatan bumi. Cobalah dimulai dari kesehatan lingkungan di dalam rumah. Mulailah untuk memisahkan yang mana sampah organik, non-organik. dan sampah yang berbahaya. Ini sangat penting agar mengurangi tumpukan sampah yang bisa membuat kuman dan bakteri berkumpul dan menyebabkan penyakit. Apalagi sampah rumah tangga akan selalu menumpuk setiap hari.

Membuat Jadwal Kebersihan

Menjadi ibu memang tidak mudah, semua pekerjaan rumah mulai dari memasak, mencuci, mengepel, beres-beres hampir semuanya dikerjakan oleh Ibu tapi untuk kesehatan lingkungan yang lebih baik Anda bisa memberikan jadwal kepada anak dan suami Anda agar bergiliran mengerjakannya. Misalnya setiap akhir pekan karena suami tak bekerja maka suami Anda yang akan mengerjakannya sedangkan hari-hari biasa Anda bisa begiliran dengan anak. Selain menjadikan lingkungan yang bersih ini menjadi cara untuk melatih kekompakan keluarga juga.

Mengelola Sampah Daur Ulang

Sekarang Anda dengan sangat mudah mencari berbagai informasi di internet. Jika Anda merasa bosan, Anda bisa menggunakan waktu luang untuk membuat berbagai kreativitas yang terbuat dari sampah. Kesehatan lingkungan bisa juga dijadikan pundi-pundi yang. Kelola saja sampah-sampah tersebut menjadi tas, dompet, dll atau karena sampah di rumah adalah organik Anda dapat mengelolanya menjadi pupuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *