Empat Barang yang Bisa Dibuat Dari Sampah Daur Ulang

daur ulangSaat mendengar kata “sampah” hal pertama yang pasti terpikirkan adalah suatu barang yang sudah tidak berguna dan harus dibuang. Hmmm, padahal ada beberapa jenis sampah yang masih digunakan dan dapat dilakukan daur ulang menjadi barang lain dan mempunyai kegunaan yang sangat membantu kegiatan sehari-hari. Mendaur ulang bisa membantu mengurangi sampah dan menjaga kebersihan lingkungan. Ketika barang-barang sudah mulai tak terpakai lebih baik jangan asal main buang. Berkreasilah dengan berbagai macam sampah yang bisa di daur ulang. Beberapa barang berikut ini mungkin bisa menjadi inspirasi Anda untuk mendaur sampah yang ada di rumah.

Sapu dari Botol Plastik

Ketika sapu di rumah sudah mulai rusak dan malas untuk membeli yang baru. SApu yang terbuat dari botol plastik ini sangat mudah untuk dibuat. Yang dibutuhkan hanyalah lima buah botol dari plastik dan satu gagang kayu. Bahannya sangat mudah dicari bukan? Lalu bagaimana cara membuatnya? Mudah saja. Ambil empat buah botol dan potonglah bagian dasar botol lalu gunting dari atas ke ujung bawah botol sampai membentuk rambut-rambut pada sapu biasa. Ambil satu botol yang dipotong setengah lalu masukan botol-botol yang sudah dipotong-potong tersebut menjadi satu. Terakhir masukan kayu ke dalam lubang botol. Walau hanya barang daur ulang namun manfaatnya sama saja dengan sapu yang biasa dipakai

Bingkai Foto dari Kaset CD

Anda memiliki koleksi foto yang bagus tetapi malas untuk membeli bingkai karena harganya yang mahal? Anda bisa mencari alternatif lain yaitu dengan menggunakan CD bekas yang tak terpakai untuk membuat bingkai. Untuk fondasinya Anda dapat menggunakan papan kayu atau kardus biasa. Gunting CD menjadi beberapa bagian, tidak perlu rapi karena kepingan CD yang abstrak akan lebih menarik. Lalu susunlah potongan-potongan tersebut dan rekatkan dengan menggunakan lem agar menempel dengan kuat. Daur ulang yang mudah bukan?

Kebun Vertikal

Ingin mempunyai taman namun lahan rumah Anda kurang luas? Daur ulang saja botol yang sudah tak digunakan untuk menanam pohon atau bunga di dinding rumah. Ya, botol adalah barang yang serba guna dan mudah untuk di daur ulang. Untuk membuat pot dari botol hanya cukup dengan melubangi area tengah botol secukupnya. Jangan terlalu lebar dan jangan terlalu kecil juga. Gunakan tanaman yang bisa disimpan dalam pot dan ukurannya tidak terlalu besar. Gantunglah pot botol tersebut di sekitar dinding rumah yang kosong dengan kawat agar menggantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *