Do & Don’t Bisnis Digital di Indonesia

Saat akan membangun sebuah bisnis, Anda memerlukan beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama. Hal ini wajib dilakukan demi kesuksesan bisnis yang Anda jalani, termasuk bisnis digital. Kira-kira hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam bisnis digital di Indonesia? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Membangun bisnis

Saat akan membangun sebuah bisnis digital, pastikan bisnis yang Anda pilih memiliki segmen yang luas. Beberapa contohnya adalah bisnis makanan dan minuman atau bisnis kebutuhan sehari-hari lainnya. Selain itu, jangan pernah memulai bisnis dari bidang yang tidak Anda pahami untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak bisa diatasi sendiri oleh Anda.

Modal bisnis

Semua bisnis membutuhkan modal saat akan memulainya, termasuk bisnis digital. Jika Anda adalah seorang pemula dalam dunia bisnis, jangan mengawali bisnis Anda dengan modal yang terlalu besar. Hal ini karena resiko kegagalan ketika baru membangun bisnis cukup besar. Oleh karena itu, mulai dengan modal kecil untuk mendapat keuntungan yang besar.

Sistem pembangian keuntungan

Jika Anda menjalankan bisnis dengan teman atau orang ketiga, rasanya menentukan pembagian hasil di awal akan sangat membantu. Jangan sampai karena ada satu orang yang merasa tidak adil dengan keuntungan yang didapatkannya merusak bisnis digital yang Anda bangun. Bukan cuma itu, saat Anda sudah tidak bisa memimpin bisnis Anda lagi di masa depan, orang lain bisa menggantikan posisi Anda saat ini.

Selalu belajar dari orang lain

Pernah mendengar bahwa pengalaman adalah pelajaran yang berharga? Poin ini juga berlaku untuk Anda para pelaku bisnis online. Untuk mendapatkan informasi dan inspirasi seputar dunia berbisnis, Anda bisa belajar dengan orang-orang yang sudah sukses di bidang yang sama dengan Anda. Apa lagi jika salah satu dari mereka mau menjadi mentor Anda.

Dengan segala informasi yang Anda dapatkan dari para senior, Anda bisa menemukan celah dan trik melakukan inovasi yang tepat untuk bisnis digital Anda dikemudian hari.

Berikut keempat tips yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam berbisnis. Jika Anda sudah terlanjur menjalankan bisnis digital tanpa persiapan seperti di atas, Anda masih bisa memperbaikinya sekarang. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mencoba, kan? Yuk, simak informasi seputar bisnis digital lainnya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *