Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan

menjaga lingkunganLingkungan yang terjaga kebersihannya dapat berawal dari kesadaran manusia yang tinggal di sekitarnya. Karena menjaga kebersihan serta kesehatan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu. Manfaat penting dari menjaga kebersihan antara lain, dapat terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan tidak sehat, udara menjadi lebih sejuk karena berkurangnya polusi dan . Selain memiliki banyak manfaat yang berhubungan dengan kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan juga merupakan bentuk rasa syukur terhadap anugerah yang diberikan sang pencipta. Cara-cara berikut ini dapat Anda terapkan dalam kehidupan untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

Membuang Sampah Pada Tempatnya

Hal penting terkait sampah sudah seharusnya tak luput dari perhatian demi menjaga kebersihan lingkungan. Terdengar sepele, namun tidak sedikit orang yang masih menganggap remeh peraturan membuang sampah pada tempatnya. Ketersedian tempat-tempat sampah di area umum bertujuan untuk mengingatkan masyarakat akan larangan membuang sampah sembarangan. Jika dalam keadaan tertentu tempat sampah sulit ditemukan, Anda dapat menyiasatinya dengan menaruh sampah kecil seperti bungkus permen atau botol plastic di kantung atau tas Anda untuk sementara sampai dapat menemukan tempat sampah. Bukan hanya itu saja, Anda juga sebaiknya memperhatikan penempatan sampah yang Anda buang sesuai jenisnya yaitu organik maupun anorganik untuk memudahkan ketika sampah akan di daur ulang atau diolah sesuai kebutuhan.

Penghijauan

Penghijauan merupakan upaya dalam membuat lingkungan menjadi terlihat lebih hijau dengan menanam pohon dan tanaman sebanyak mungkin. Terutama di daerah perkotaan yang sudah minim daerah resapan air. Dengan banyaknya pohon yang tumbuh di sekitar lingkungan tempat tinggal, udara akan menjadi lebih sejuk sekaligus mengurangi polusi karena karbondioksida terserap oleh pohon dan tanaman. Anda bisa memulainya dengan menanam satu pohon atau tanaman lainnya di halaman rumah. Hal tersebut secara otomatis dapat membuat lingkungan minim pencemaran udara.

Atur Waktu Kerja Bakti

Sebagai bukti kepedulian terhadap lingkungan, Anda dapat bekerja sama dengan warga lingkungan untuk membuat jadwal kerja bakti rutin di sekitar tempat tinggal.  Hal yang biasa dilakukan dalam kerja bakti adalah membersihkan dedaunan kering yang berserakan, memunguti sampah di jalanan sampai dengan membersihkan selokan yang tersumbat oleh sampah agar saat hujan tidak meluap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *