Cara Mengelola Sampah Rumah Tangga dengan Tepat

mengelola sampahSampah bisa menjadi ancaman dan masalah besar jika kita tidak tahu cara menangani dan mengelolanya dengan tepat. Khususnya sampah rumah tangga yang biasanya langsung dibuang begitu saja dan berkahir di TPS tanpa dipisahkan dengan sampah-sampah lainnya. Hal ini memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Jika sampah rumah sudah mulai menumpuk lebih baik langsung segera dibuang karena bisa menjadi sarang bakteri dan bau tidak menyengat kemana-mana. Jika sampah ditumpuk di rumah juga akan membuat tampilan rumah menjadi tidak enak dipandang dan tidak sehat padahal rumah harus selalu terjaga kesehatan lingkungannya. Lantas bagaimana cara untuk mengelola sampah yang benar? Simak di bawah berikut ini!

Meletakkan Kantong Plastik pada Tong Sampah

Untuk mencegah sampah menjadi berantakan Anda bisa meletakkan kresek atau kantong plastik di dalam tempat sampah. Hal ini berguna untuk mengurangi sampah-sampah berceceran akibat tong sampah yang terlalu penuh. Mengelola sampah seperti ini juga membantu mengurangi datangnya berbagai macam penyakit dan juga lebih praktis karena saat hendak dibuang hanya perlu mengangkat kreseknya saja tanpa perlu repot-repot memindahkannya dua kali. Pastikan gunakan kantong yang ukurannya sesuai dengan tempat pembuangan sampah.

Membedakan Jenis Sampah

Cara ini sangat bermanfaat dan terbukti ampuh bisa mengelola sampah secara baik dan benar karena mengelola sampah memang harus dipisahkan dari jenisnya, seperti sampah organik, sampah non-organik dan sampah berbahaya. Anda bisa menyiapakan berbagai tiga buang tempat untuk masing-masing kategori sampah. Dengan begini Anda akan lebih mudah lagi mengelola sampah dan bisa mendaur ulang sampah dengan mudah karena sudah tersortir. Yang termasuk sampah organik adalah sampah yang tebuat dari limbah sayuran, non organik dari berbagai macam plastik, kaca, karet, dll dan yang termasuk sampah berbahaya adalah batu baterai, alat elektronik, cat, dll.

Mencuci Tempat Sampah

Di poin pertama dijelaskan bahwa lebih baik meletakan plastik sampah di dalam tempatnya agar lebih higienis dan praktis tetapi bukan berarti tidak membersihkan tempat untuk membuang sampah tersebut. Justru sangat penting untuk membersihkannya minimal seminggu sekali agar kotoran tidak menumpuk dan menyebabkan bakteri kotor. Gunakan sabuk cuci untuk membilasnya dan juga sikat agar benar-benar bersih. Keringkanlah di di bawah sinar matahari dan gunakan kembali saat benar-benar sudah kering. Hal yang mudah dilakukan untun mengelola sampah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *