Butuh Pinjaman Dana di Bank ? Siapkan 3 Syarat Ini !

uang-elektronik
Uang Elektronik

Salah satu hal yang menjadi kendala saat seseorang ingin membuka sebuah usaha adalah keterbatasan modal yang dimiliki. Apalagi jika usaha yang tengah dibangun memerlukan modal yang nggak sedikit. Hal ini membuat para calon wirausahawan rela mencari pinjaman dana untuk mewujudkan rencananya tersebut.

Nah, jika kamu adalah salah satu yang berencana untuk meminjam dana dari bank, pastikan dulu kamu sudah mempersiapkan syarat-syarat berikut ini.

1. Persyaratan paling utama yang harus dipenuhi adalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan menetap di wilayah Negara Indonesia

Persyaratan utama ini hukumnya wajib untuk kamu penuhi. Rasanya identitas diri memang selalu dibutuhkan sebagai syarat untuk melengkapi pengajuan dalam bentuk apapun, salah satunya pinjaman dana di bank. Alamat yang tertera di dalam KTP harus sesuai dengan alamat tinggal yang sekarang. Jika ternyata berbeda, maka kamu harus mencantumkan surat keterangan tinggal dari pihak kelurahan wilayahmu. Buatmu yang sudah menikah, maka kamu perlu mencantumkan KTP-mu dan istri (atau suami) sehingga pihak perbankan mengetahui bahwa pinjaman dana ini telah diketahui oleh dua belah pihak.

2. Jika kamu sudah menikah, siapkan juga fotokopi akta nikah sebagai bukti bahwa harta yang digunakan milik bersama

Pihak bank sebagai pihak peminjam dana akan meminta fotokopi akta nikah buatmu yang berstatus sudah menikah. Akta nikah ini dapat digunakan sebagai jaminan bahwa pihak bank telah mengetahui harta atau barang yang digunakan merupakan harta bersama. Tentu saja, harta bersama ini perlu diketahui oleh kedua belah pihak, baik suami-istri, maupun pihak peminjam. Supaya ketika ada masalah dan beberapa hal yang berkaitan dengan pinjaman dana, maka konfirmasi akan berjalan dengan lancar.

3. Tentu saja, buku tabungan juga perlu disertakan sebagai persyaratan pinjaman dana. Kelihatan deh kemampuan finansialmu dari sini

Dengan adanya mutasi buku tabungan selama 3 bulan terakhir, maka kemampuanmu secara finansial dapat dilihat secara jelas. Besaran saldo yang ada di dalam rekening tabungan juga menandakan kemampuanmu untuk mengganti pinjaman yang telah diberikan oleh pihak bank nantinya. Ini berlaku bagi syarat peminjaman uang di berbagai bank manapun di Indonesia. Jadi, pastikan saldo yang kamu miliki lebih dari cukup untuk bisa meminjam dana, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *