Ayo Menjadi Pengusaha Sosial Dengan Kiat Ini!

Apakah Anda pernah berpikir untuk terjun ke dalam dunia bisnis dan membangun usaha sendiri? Jika memang hal tersebut pernah terlintas dipikiran Anda, mungkin menjadi pengusaha sosial bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Bisnis ini memuliki tujuan sosial sebagai misi utamanya, bukan keuntungan. Bahkan, Akhir-akhir ini di Indonesia banyak bermunculan pelaku usaha yang mengklaim dirinya sebagai wirausahawan sosial.

Bagi Anda yang orientasi bisnisnya hanya untuk mencari keuntungan, mungkin jenis usaha yang satu ini tidak akan cocok untuk Anda. sementara, bagi Anda yang ingin memajukan lingkungan atau menyelesaikan masalah sosial yang sering Anda lihat,maka menjadi pengusaha sosial adalah pilihan yang tepat. Jika Anda benar-benar tertarik dengan usaha ini, mungkin kiat-kiat di artikel berikut akan sangat membantu Anda untuk membangun bisnis sosial. Yuk, segera simak informasinya.

Kenali Persoalan Sosial di Sekitar Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika akan menjadi pengusaha sosial ialah melihat permasalahan sosial yang terjadi disekitar Anda. Dengan begitu, Anda akan tahu siapa saja yang membutuhkan uluran tangan Anda. Satu hal yang perlu Anda perhatikan ialah tidak selamanya Anda menolong orang lain dengan memberikan apa yang mereka inginkan, tetapi apa yang dibutuhkan. Dengan bekerja pada bisnis Anda, orang-orang ini bisa mendapatkan uang yang mereka butuhkan untuk membeli sesuatu yang dibutuhkan.

Identifikasi Potensi yang Ada

Esensi dari pemberdayaan masyarakat dan menyelesaikan masalah sosial ialah mengatasi persoalan yang hadir dengan memberdayakan potensi yang ada. Jika Anda sudah memilih masalah untuk diselesaikan, namun di lingkungan sekitar tidak ada potensi, maka ide Anda hanya akan berakhir sia-sia. Oleh karena itu, selaraskan persoalan sosial dengan kapasitas yang ada. Dengan begitu, Anda bisa menjadi pengusaha sosial sukses sekaligus menjadi penolong bagi warga yang tinggal di sekitar perusahaan Anda.

Susun dan Tentukan Misi Sosial

Setelah menentukan permasalahan sosial yang akan Anda jalankan, tahap selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk menjadi pengusaha sosial ialah menyusun dan menentukan misi sosial. Di tahap ini, Anda bisa menyesuaikan bisnis Anda dalam berbagai hal, mulai dari sasaran yang akan diberdayakan, hingga potensi yang akan mendukung jalannya bisnis Anda. Anda juga bisa langsung mengusung tag line untuk perusahaan Anda, misalnya Pemberdayaan Perempuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *