3 Skill Finansial yang Wajib Dimiliki Oleh Kamu yang Masih Muda

uang-elektronik
Uang Elektronik

Kemampuan mengelola uang adalah skill finansial dasar yang seharusnya dikuasai oleh setiap orang. Mampu mengalokasikan uang ke kebutuhan-kebutuhan penting dan membatasi pengeluaran yang tidak perlu bisa membawa dampak besar pada kehidupan dan masa depanmu. Coba deh sekarang tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kemampuan mengelola uangmu sudah baik ?

Kali ini kami ingin mencoba mengulas beberapa skill finansial seharusnya dikuasai oleh anak muda. Apa aja skill finansial yang harus dilakukan dan sebaiknya dihindari dalam memanfaatkan uangmu. Kamu tentu tidak ingin ‘kan uangmu hilang tak berbekas tanpa hasil yang jelas?

1. Pakai Rumus 50:30:20 Untuk Membagi Penghasilanmu

Setiap mendapatkan tambahan uang di rekening, baik itu dari kantor atau dari kiriman orang tua, selalu pecah uang tersebut ke dalam minimal 3 bagian:

  • 50% untuk kebutuhan tetap bulanan
  • 30% untuk membeli hal-hal yang kamu inginkan
  • 20% untuk dimanfaatkan sebagai dana simpanan.

Dengan menerapkan rumus ini, kamu akan lebih gampang mengetahui kemana uangmu akan pergi. Pos pengeluaran juga bisa lebih jelas diatur melalui skema ini. Tidak akan ada lagi tumpang tindih kebutuhan yang membuatmu kehabisan uang sebelum akhir bulan. Jatah 30% untuk memenuhi keinginan bisa jadi batas agar kamu tidak berlebihan dalam menggunakan uang.

2. Jangan Malas Mencatat Pengeluaran

Langkah ini terdengar sederhana, namun inilah awal dari skill finansial sehat. Jangan malas mencatat dengan detil setiap pengeluaran yang kamu alokasikan tiap harinya. Mulai dari biaya makan, bensin, pulsa, hingga ke uang parkir. Ngapain sih? Kok repot amat?

Eits, jangan salah. Rajin mencatat pengeluaran bisa jadi memberimu gambaran yang jelas tentang pola konsumsi yang dapat kamu lakukan. Dengan telaten mencatat semua berbagai pengeluaran, kamu akan tahu bagaimana tren belanjamu — kemana saja uangmu habis untuk hal-hal yang tidak perlu.

3. Cerdaslah Dalam Memilih Bank

Dewasa ini skill finansial kita tidak bisa dilepaskan dari Bank. Jasa finansial yang satu ini selalu mendampingi dalam berbagai aktivitas konsumsi sehari-hari: mulai dari sebagai tempat penyimpanan uang, tempat yang dituju untuk membeli instrumen investasi, bahkan fasilitas dari bank seperti kartu kredit dan kartu debit juga jadi andalan saat kita sedang malas membayar dengan uang tunai.

Satu yang perlu diingat, bank adalah perusahaan komersial yang juga memiliki tujuan mengumpulkan profit sebanyak-banyaknya. Segala fasilitas dan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh mereka harus kamu bayar dengan uangmu. Maka dari itu, sangat penting bagimu untuk cerdas dalam memilih jasa bank yang akan kamu gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *