3 Organisasi Kemasyarakatan yang Wajib Anda Tahu

Organisasi Kemasyarakatan atau dikenal dengan Ormas adalah organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara suka rela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan demi tercapainya tujuan berdasarkan Pancasila. Dari sekian banyak Ormas yang ada di masyarakat, beberapa di antaranya dibentuk dan didirikan langsung oleh pemerintah Indonesia untuk membantu masyarakat. Di bawah ini akan di jelaskan beberapa Ormas tersebut. Yuk, simak informasinya sampai selesai.

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)

Sesuai dengan namanya, PKK adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia. Biasanya, para anggotanya adalah ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di dalam lingkup kelurahan yang sama. Ada beberapa program pokok yang biasanya dijalankan oleh organisasi ini, seperti gotong royong, kelestarian lingkungan hidup, hingga perencanaan sehat. PKK sendiri sudah mulai berjalan sejak tahun 1957. Jadi, Ormas ini bukan pendatang baru di masyarakat. Jika Anda tertarik untuk mengikutinya, mungkin Anda bisa langsung bergabung dengan menghubungi masing-masing koordinator di setiap RT.

Karang Taruna

Organisasi kemasyarakatan satu ini sepertinya sudah tidak asing di telinga orang Indonesia, terutama para kaum muda-mudi. Pada dasarnya, Ormas ini merupakan wadah pengembangan generasi muda, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab, khususnya generasi muda di wilayah Desa/Kelurahan atau komunitas sosial sederajat. Tujuan dari organisasi yang satu ini ialah memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja dalam bisang keorganisasian, ekonomi, olahraga, hingga keagamaan. Kerja nyata Karang Taruna juga bisa Anda lihat, misalnya adanya acara 17-an atau kegiatan sosial di sekitar rumah Anda.

Koperasi

Koperasi adalah organisasi kemasyarakatan yang bergerak dibidang ekonomi. Biasanya, koperasi dimiliki dan dioperasikan beberapa anggotanya dengan dasar prinsip ekonomi rakyat dengan asas kekeluargaan. Jenis organisasi satu ini pun bermacam-macam, mulai dari Koperasi Pekerja, Koperasi Produksi, Koperasi Penjualan dan Pemasaran, hingga Koperasi Primer dan Sekunder. Bila Anda menjadi anggotanya, maka Anda harus membayarkan sebuah iuran anggota yang nantinya berfungsi sebagai uang operasional koperasi tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *